Sebulan Berlalu, Siapa Penabur Sianida di Kopi Mirna?

Wayan Mirna Salihin semasa hidup
Sumber :
  • Instgam #ariefmirna2015

VIVA.co.id - Hari ini, genap satu bulan sudah Wayan Mirna Salihin meninggalkan dunia untuk selamanya usai meneguk kopi yang telah bercampur racun mematikan sianida di Restoran Olivier, Mal Grand Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat.

Sayangnya, kepolisian tak kunjung bisa mengungkap tuntas pembunuhan paling disorot masyarakat itu.

Memang, polisi sudah menetapkan teman minum kopi Mirna, Jessica Kumala Wongso sebagai tersangka. Tapi, polisi belum bisa menemukan siapa orang yang tega menabur sianida ke dalam gelas kopi Wayan Mirna.

"Tak hanya itu, dari kematian Mirna, pertanyaan berikutnya yang harus diungkap penyidik adalah siapa yang memasukkan sianida ke dalam kopi. Itu saja penyidikannya. Jadi, enggak berputar-putar ke pengamatan yang jauh," kata Direktur Direktorat Reserse dan Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Krishna Murti, Jumat 5 Februari 2016.

Pada 30 hari perjalanan kasus ini, berbagai cara dan strategi dikerahkan kepolisian agar dapat mengungkap tuntas kasus ini. Tapi, lagi-lagi, polisi belum sepenuhnya menemukan titik terang pembunuhan Mirna.

Namun, semua itu bukan akhir dari segalanya, polisi masih banyak cara untuk menguak fakta dari pembunuhan ini. Terbaru dan bakal dilakukan adalah membuat dua versi rekonstruksi di kasus kematian Wayan Mirna.

Menurut Krishna, nantinya, dari hasil rekonstruksi bisa terlihat fakta dan keterangan mana yang lebih masuk akal, antara fakta dari penyidik atau fakta dari tersangka Jessica Kumala Wongso.

Krishna mengatakan, rekonstruksi itu dilakukan karena penyidik dalam kasus ini tidak menargetkan sebuah pengakuan semata.

"Nanti akan ada rekonstruksi yang versi dia (Jessica) dan rekonstruksi versi kami (polisi)," kata Krishna.

Krishna menuturkan, hasil rekonstruksi akan dicocokkan dengan rekaman CCTV. Nantinya, jaksa dan hakim yang menentukan lebih yakin dengan rekonstruksi antara versi polisi atau Jessica.

Dari penyidikan yang didapatkan polisi, kata Krishna, banyak keterangan Jessica yang inkonsistensi dengan fakta yang akan dimiliki.

"Itulah yang kami dapatkan, inkonsistensi keterangan yang bersangkutan dengan fakta yamg kami miliki. Nah, semua ini nantinya akan dibuka di peradilan," katanya.

Jessica Mengaku Iseng Rapikan Paper Bag Saat Menunggu Mirna

Wayan Mirna meninggal dunia di RS Abdi Waluyo, Rabu 6 Januari 2016 setelah meminum kopi bersama Jessica dan Hani.

Jessica Kumala Wongso

Saksi Ahli Akui Tak Ada Gerakan Jessica Memasukkan Sianida

Hanya ada gerakan tangan saat membuka tas.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016