Hujan Lebat, Kampung Pulo Tak Banjir

Sumber :
  • Anwar Sadat/ VIVA.co.id

VIVA.co.id - Ibukota Jakarta sejak Minggu, 24 Januari 2016 malam, sudah diguyur hujan lebat. Namun, hal ini tidak membuat kawasan Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur terendam banjir. Padahal, daerah ini menjadi langganan banjir setiap kali musim hujan tiba. 

Hujan Deras, Sejumlah Wilayah Ibu Kota Tergenang
Pantauan VIVA.co.id di lokasi, debit air Kali Ciliwung masih berada pada batas normal, dan tidak sampai meluap. 
 
Jembatan Kalibata Dibongkar, Lalu Lintas Bakal Makin Macet
Ketua RW 02 Jatinegara, Kamaludin menjelaskan lingkungannya saat ini bebas dari banjir, sekalipun ibukota dilanda hujan seharian. Mereka baru akan terpengaruh apabila hujan deras terjadi di wilayah Bogor, Jawa Barat.
 
Hujan Deras, Jalan Panjang Tergenang 30 Sentimeter
"Mau hujan lebih dari sehari juga di Jakarta, enggak akan ada masalah di sini, kita enggak akan kebanjiran. Kalau hujannya di Bogor. Nah baru kita bisa kebanjiran," kata Kamaludin Senin, 25 Januari 2016.
 
Ia menceritakan, selama ini saluran air yang ada di lingkungannya juga berfungsi baik, sehingga hujan yang terjadi sejak kemarin terlalu berdampak bagi warga Kampung Pulo. 
 
Berbeda halnya dengan rumah warga yang terletak di dekat proyek normalisasi Kali Ciliwung. Saluran air di tempat tersebut tidak berfungsi baik karena tersumbat proyek normalisasi. 
 
"Akibatnya di sana itu jadi ada genangan kalau kayak begini tapi enggak sampai banjir, cuma genangan kecil saja," ungkapnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya