Penyakit Ini Hantui Anak yang Konsumsi Jajanan Mirip Kondom

Jajanan mirip Kondom
Sumber :

VIVA.co.id - Mengonsumsi produk minuman susu melalui kemasan yang menyerupai kondom bisa menimbulkan gangguan kesehatan mulai dari sakit perut hingga penyakit thypus.

Jajanan Anak Berkemasan Kondom Beredar di Bekasi

Kepala Balai Besar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) DKI Jakarta, Dewi Prawitasari, mengatakan, bahan karet lateks yang lazim digunakan untuk memproduksi kondom bukanlah bahan food grade atau bahan yang aman digunakan untuk mewadahi makanan. Karena itu, pastikan anak Anda tidak membeli jajanan ini.

"Bila benar kemasan yang digunakan merupakan kondom, maka akan terjadi paparan bahan kimia berbahaya ke dalam kandungan susu. Kuman patogen dari kemasan yang tidak higienis bisa menyebabkan pengonsumsi minuman sakit perut hingga terserang thypus," ujar Dewi saat dihubungi melalui sambungan telepon pada Sabtu, 23 Januari 2016.

Jajanan Mirip Kondom, Psikolog: Bahaya Besar Ancam Anak

Sebelumnya, pada Jumat, 22 Januari 2016, dilaporkan ramai beredar di media sosial, sebuah unggahan yang menyebutkan Yayasan Kita dan Buah Hati menemukan keberadaan jajanan dengan merek "Kotak Kado". Jajanan dilaporkan dijual di depan beberapa sekolah dasar (SD) di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Unggahan tersebut menjelaskan bahwa di dalam kotak, terdapat kemasan susu bubuk dengan nama "Susu Mas Moccacino". Pembeli diminta memasukkan bubuk susu ke dalam kemasan berbentuk kondom, mengisinya dengan air, mengocoknya, kemudian mengonsumsi dengan cara menyedotnya.

Heboh Jajanan Anak Pakai Karet Mirip Kondom

Dewi mengatakan, produk tidak terdaftar di BPOM. Meski demikian, penelusuran terhadap Nomor Izin Edar (NIE) Perizinan Industri Rumah Tangga (P-IRT) yang tercantum pada kemasan menunjukkan produk berasal dari wilayah Tangerang. NIE P-IRT dikeluarkan oleh pemerintah daerah.

Dewi mengatakan, BPOM akan melakukan penelusuran lapangan ke lokasi pembuatan produk. "Kami sedang melacak keberadaan produsennya," ujar Dewi.

Jajanan mirip Kondom

KPAI Minta Polisi Usut Kasus Jajanan Kemasan Karet Kondom

Harus dicari produsennya dan motifnya

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2016