Hindari Macet, Ini Rute Pengalihan Arus Tahun Baru Jakarta

Ilustrasi Perayaan Tahun Baru di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Pengunjung Membeludak di Pantai Tak Berombak Ancol
- Perhelatan perayaan malam pergantian tahun akan dirayakan di sejumlah tempat di wilayah DKI Jakarta, Kamis, 31 Desember 2015 hingga Jumat dini hari, 1 Januari 2016.

Tahun Baru Aman, Polda Metro Amankan Arus Balik
Untuk mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas di tempat-tempat perayaan pergantian tahun baru, Kepolisian bersama dengan Dinas Perhubungan dan Transportasi Provinsi DKI Jakarta akan melakukan sistem rekayasa arus lalu lintas dan pengalihan rute arus lalu lintas.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memperingati perhelatan perayaan pergantian tahun di Ancol. Selain itu juga akan diterapkan malam bebas kendaraan bermotor (Car Free Night) di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin saat perayaan malam pergantian tahun.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Mohammad Iqbal mengatakan polisi akan mulai memberlakukan car free night di sepanjang jalan Jenderal Sudirman hingga MH. Thamrin mulai pukul 17.00 WIB hingga 02.00 WIB.
Tahun Baru di Ancol, dari Anak Hilang hingga Aksi Copet

"Informasi terakhir dari kawan-kawan Lantas (Lalu Lintas), jam segitu ditutupnya," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Mohammad Iqbal.

Sementara itu, bagi warga yang hendak merayakan malam pergantian tahun dan car free night, bisa memarkirkan kendaraannya di Parkir Timur Senayan, Lapangan IRTI Monas, Masjid Istiqlal, Lapangan Banten dan gedung-gedung sekitar lokasi.

Mantan Kapolres Jakarta Barat tersebut juga mengimbau kepada warga yang hendak merayakan pergantian tahun, terlebih dahulu untuk memperhatikan beberapa rute pengalihan arus di sekitar kawasan car free night. Mulai dari Jalan Harmoni, jalan-jalan di sekitar Patung Arjuna Wiyaja, Jalan Kebon Sirih, Jalan Sarinah, Jalan Dukuh Atas dan Jalan Semanggi.

"Sebelum keluar, warga terlebih dahulu memperhatikan rute-rute pengalihan arus," ujar Iqbal.

Polisi dan Dinas perhubungan dan transportasi Provinsi DKI Jakarta akan memberlakukan rekayasa arus lalu lintas dan sistem pengalihan rute arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan di wilayah DKI Jakarta. Berikut rute-rute pengalihan arus yang harus diperhatikan pengguna jalan :

Kawasan Harmoni

1. Kendaraan dari arah Jalan Suryo Pranoto menuju Jalan Sudirman - Thamrin diluruskan ke Jalan Juanda atau dibelokkan kiri ke Jalan Gajah Mada atau Jalan Kiai Haji Hasyim Ashari - Grogol - Jalan Letjen S Parman dan seterusnya.

2. Kendaraan dari arah Jalam Hayam Wuruk menuju Jalan Sudirman - Thamrin dibelokkan ke kiri Jalan Juanda - Jalan Pos - Jalan dokter Sutomo - Jalan Gunung Sahari dan seterusnya.

3. Kendaraan dari arah Veteran menuju Jalan Sudirman - Thamrin dialihkan ke Jalan Suryo Pranoto - Jalan Raya Tomang - Jalan Balikpapan - Jalan Kiai Caringin - Jalan Letjen S Parman. Atau dibelokkan ke kiri Jalan Kiai Haji Hasyim Ashari - Jalan Raya Grogol - Jalan Letjen S Parman dan seterusnya.

Kawasan Air Mancur Patung Kuda Arjuna Wijaya

1. Kendaraan dari arah Jalan Abdul Muis menuju Jalan Medan Merdeka Barat depan Museum Nasional dialihkan ke Jalan Fachruddin dan seterusnya. Begitu pun kendaraan dari Abdul Muis yang hendak menuju Jalan Sudirman - Thamrin.

2. Kendaraan yang datang dari arah Kwitang Senen menuju Monas akan diputarbalikkan di Jalan M Ridwan Rais tepatnya di depan Toko Buku Gunung Agung atau diarahkan melewati Medan Merdeka Timur - Gambir dan seterusnya.

Kawasan Jalan Kebon Sirih dan Sarinah Thamrin

1. Kendaraan dari arah Jalan Abdul Muis menuju Jalan Kebon Sirih dialihkan ke Jalan Fachruddin - Jalan Kiai Haji Mas Mansyur dan seterusnya.

Kawasan Dukuh Atas

1. Kendaraan dari Jalan Sudirman menuju Jalan MH Thamrin dialihkan melalui Jalan BNI 46 Galunggung - belok kiri Jalan Pasar Baru Timur dan seterusnya.

2. Kendaraan dari Karet Pasar Baru Timur menuju Jalan Sudirman diluruskan ke Jalan Galunggung - Jalan Halimun dan seterusnya.

3. Kendaraan dari Jalan Galunggung menuju Karet Pasar Baru Timur dibelokkan ke kiri Jalan Sudirman.

Kawasan Semanggi

1. Kendaraan dari Jalan Gatot Subroto menuju Sudirman diluruskan ke Senayan - Slipi dan seterusnya.

2. Kendaraan dari Jalan Gatot Subroto menuju Sudirman dialihkan ke arah Blok M.

3. Kendaraan dari Jalan Sudirma Senayan menuju Thamrin dialihkan ke kiri Jalan Gatot Subroto dan seterusnya.

4. Kendaraan dari Jalan Gatot Subroto menuju Sudirman dialihkan ke Jalan HR Rasuna Said atau putar balik Jalan MT Haryono.

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya