Jakarta Bakal Dikepung Kemacetan, Ini Rekayasa Lalin Polda

Sumber :
  • ANTARA/M.Ali Khumaini

VIVA.co.id -  Arus lalu lintas di ruas tol menuju Jakarta mulai menunjukkan kepadatan. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Risyapudin Nursin memprediksi puncak arus balik akan terjadi mulai siang ini.

Usai Libur Panjang, Lalu Lintas Jakarta Masih Lancar

"Puncak arus balik diperkirakan terjadi mulai pukul 14.00 WIB siang sampai pagi besok," kata Risyapudin kepada wartawan, Minggu 27 Desember 2015

Risyapudin mengungkap, volume kendaraan di ruas tol yang mengarah ke luar kota pada masa libur Natal kali ini meningkat 5 persen dibanding hari-hari biasanya. Paling banyak kendaraan keluar ke arah Jawa lewat Tol Cikampek dan ke Bogor melalui Tol Jagorawi.

Risyapudin juga mengatakan banyaknya masyarakat yang ke luar kota untuk menghabiskan libur panjang tidak diprediksi sebelumnya oleh kepolisian dan juga instansi terkait.

"Karena kami mengira masyarakat cuma mau liburan saja, tidak tahunya pada ke luar kota sekalian pulang kampung," jelasnya.

Untuk mengantisipasi kemacetan di ruas tol, pihak kepolisian melakukan rekayasa pengalihan arus lalu lintas, seperti berikut ini:

1. Buka-Tutup Arus di Pintu Masuk Tol

Pihak kepolisian akan melakukan buka-tutup arus kendaraan di pintu masuk Tol Jagorawi dan Cikampek. Kendaraan yang akan masuk ke tol menuju Jakarta di gerbang Cikarang Utara (dari arah Cikampek) dan Cimanggis (dari arah Bogor) akan ditutup bila kepadatan di dalam ruas tol tidak terurai. Kendaraan akan dialihkan ke off ramp tol menuju ke jalur alteri.

2. Pengalihan Arus di Pintu Keluar Tol

Selama penutupan pintu masuk tol ke arah Jakarta, kendaraan akan dialihkan ke pintu keluar tol. Untuk kendaraan dari arah Cikarang Utara dikeluarkan ke Karawang Barat-Kedung Waringin-Kabupaten Bekasi-Tambun-Kota Bekasi-Cawang dan seterusnya.

Sementara kendaraan dari arah Tol Jagorawi akan dikeluarkan di Pintu Tol Cimanggis Utama, dibelokkan ke jalan alteri Jl Raya Bogor-Pasar Rebo dan seterusnya.

3. Pengaturan Lalin di TL dekat Pintu Keluar Tol
Pengaturan lalu lintas di traffic light yang dekat dengan pintu keluar tol akan diprioritaskan untuk kendaraan yang keluar dari tol. Sementara kendaraan di jalur arteri akan di setop selama 2 kali lampu hijau.

Sejumlah kendaraan bergerak padat merayap setelah keluar pintu tol Gadog, Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/3/2013).

Kepadatan Lalu Lintas Arus Balik Diperkirakan Setelah Magrib

Polisi sudah menyiapkan skenario rekayasa lalu lintas.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2016