Heboh, Muncul Video Pengakuan Nama Asli Ahok

video ahok
Sumber :
  • Repro - Youtube

VIVA.co.id -Situs jejaring berbagai video, YouTube digegerkan dengan sebuah video pengakuan seorang pria tentang asal-usul Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Pria yang ditulis bernama Anthony Mulia alias Acang, seorang pengusaha tambang pasir dari Belitung Timur dalam video itu mengungkapkan bahawa Ahok disebut pernah mengganti namanya dari Basuki Indra menjadi Basuki Tjahaja Purnama.

Pergantian nama itu, disebutkan dilakukan untuk menghindari kasus hukum yang membelit salah satu tambang yang ia miliki di Gunung Nayo, Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung.

"Basuki, pada waktu sebelum pemekaran, dia punya tambang, di Gunung Nayo, itu adalah insinyur Basuki Indra. Panggilan Ahok itu enggak salah. Dia ada kasus, penambangan di hutan pantai, itu hutan lindung pantai, ada kasus. Hukum akan proses beliau. Tiba-tiba, sim salabim, terjadi ganti nama," ujar Anthony Mulia alias Acang.

Video tampak direkam di sebuah tempat makan. Pria itu menjawab pertanyaan dari suara di balik kamera yang mengatakan 'Nama Pak Basuki?'.

Video diunggah pada Kamis, 10 Desember 2015 dan diakses pada Jum'at, 11 Desember 2015. Video baru dilihat sebanyak 14 kali, diunggah sebuah akun dengan nama Wahyu Kurniawan, yang baru memiliki satu pelanggan.

Dalam video, Anthony menjelaskan bahwa secara logika, nama pemilik tambang tidak mungkin tiba-tiba berubah. Apalagi nama pengganti juga sudah memiliki gelar insinyur.

"Ya kalau kita bicara logika, kemarin Insinyur Basuki Indra, yang punya tambang, tiba-tiba berubah jadi Basuki Tjahaja Purnama. Dari mana insinyurnya? Kapan Basuki Tjahaja Purnama sekolah mendapat insinyur?" ujarnya.

Suara dari balik kamera kemudian mencoba menegaskan sebanyak dua kali tentang nama asli Ahok yang bukan Basuki Tjahaja Purnama sejak kecil.

"Dari kecil namanya Basuki Indra?" ujarnya.

Anthony membenarkan. Menurutnya, nama Basuki Indra bertahan hingga Ahok mendapat gelar insinyur, sebelum kasus hukum terjadi.

"Iya, Basuki Indra. Setelah katanya pendidikan ke mana-mana, dapat insinyur, Insinyur Basuki Indra. Coba cek ke pertambangan. Bener enggak izinnya Basuki Indra? Salah satu perusahaan, namanya CV Panda," ujarnya.

Lippo Karawaci Cetak Pendapatan Rp 17 Triliun di 2023, Kantongi Laba Bersih Rp 50 Miliar

Diisukan Ganti Nama, Ahok: Itu Cerita Lama

Dikabarkan mengganti nama untuk menghindari jerat hukum.

img_title
VIVA.co.id
12 Desember 2015