Menyeramkan, Pulau Untung Jawa Terancam Tenggelam

Pulau Seribu
Sumber :
  • VIVA/ Fajar GM

VIVA.co.id - Sungguh menyeramkan, salah satu pulau terindah di gugusan Kepulauan Seribu, Jakarta, terancam tenggelam dalam beberapa tahun ke depan.

Pulau bernama Untung Jawa itu, bisa saja hilang dari permukaan laut dan berubah jadi tumpukan sampah besar di tengah lautan. Itu jika warga di daratan Pulau Jawa seperti Jakarta dan Tangerang tidak segera menghentikan aksi membuang sampah ke lautan.

Menurut Kepala Kelurahan Pulau Untung Jawa, Badri, pulau itu bisa ditenggelamkan sampah karena setiap hari selalu dibanjiri sampah-sampah kiriman dari daratan Jawa.

"Sampah-sampah ini tak hanya dari sampah daratan di Jakarta dan Tangerang, yang terbawa arus ke sini. Sampah wisatawan dan masyarakat sekitar juga menjadi masalah utama," ujar Badri kepada VIVA.co.id, Selasa 8 Desember 2015.

Badri mengatakan, ancaman sirnanya pulau itu akan semakin cepat terlaksana jika tidak ada upaya untuk mengangkut sampah dalam periode satu tahun.

"Apalagi kalau sudah masuk musim hujan. Sampah semakin banyak terbawa ke kawasan pesisir pantai Pulau Untung Jawa. Maka dari itu, petugas penanganan prasarana dan sarana umum kita andalkan untuk melakukan pengangkutan," katanya.

Sementara itu, Bambang Suntoro selaku Kepala Suku Dinas Kebersihan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu hingga kini belum memberikan respons terkait hal tersebut. Baik via telepon selular, maupun pesan singkat. (one)

Pusat Jajan di Pulau Untung Jawa Membahayakan
Rembesan air di Pulau Untung Jawa.

Pulau Untung Jawa Kembali Terancam Tenggelam?

Ketinggian genangan sempat mencapai 20-30 sentimeter.

img_title
VIVA.co.id
8 Februari 2016