Ahok: Kalau Tak Yakin dengan LIPI, Mau Percaya Siapa Lagi?

Ikan mati
Sumber :
  • VIVA.co.id / Danar Dono
VIVA.co.id
Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo
- Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengatakan, hasil penelitian Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2O LIPI) tentang di pesisir pantai utara Jakarta, menegaskan tak terkait proyek reklamasi Teluk Jakarta.

Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan

Ahok, sapaan akrab Basuki, mengatakan, ikan-ikan yang mati adalah ikan yang berenang di dekat pesisir.
Massa Demo dari Bekasi dan Tangerang Mulai Berdatangan


"Saya tanya, ikan yang berenang di Teluk Jakarta (di dekat lokasi proyek reklamasi) ada yang mati enggak? Enggak ada," ujar Ahok di Balai Kota DKI, Rabu, 2 Desember 2015.


Baca juga:

Ahok menjelaskan, LIPI menemukan kematian ikan disebabkan pertumbuhan plankton yang mendadak meningkat. Jumlah populasi yang terlalu besar membuat ikan kesulitan mendapat suplai oksigen karena telah dihirup terlebih dahulu oleh plankton.


Pertumbuhan plankton yang pesat hanya terjadi di dekat pesisir. Peneliti LIPI sementara menyimpulkan pertumbuhan plankton diakibatkan kandungan kimiawi yang meningkat di perairan pesisir akibat limbah yang terbawa oleh aliran sungai yang bermuara ke laut utara.


"Jadi kamu percaya sama LIPI enggak? Ini Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia lho. Kalau enggak percaya LIPI, aku enggak tahu lagi harus percaya ke siapa," ujar Ahok. (one)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya