Pulau Seribu Bakal Jadi Pusat Wisata Nasional

Ilustrasi: Peta Laut Jawa utara Jakarta.
Sumber :
  • Repro - Google Map
VIVA.co.id
Jembatan Cinta Pulau Tidung Makan Korban
- Kementerian Koordinator Kemaritiman bakal menjadikan wilayah Kepulauan Seribu menjadi salah satu Kawasan Strategis Nasional. Satu-satunya Kabupaten di DKI Jakarta itu akan dikembangkan menjadi pusat destinasi wisata nasional.

Kini Wisata ke Pulau Seribu Cukup Bayar Kapal Rp15 Ribu

Deputi VI Bidang SDM, Iptek dan Budaya Kementerian Koordinator Kemaritiman, Safri Burhanudin mengatakan, wilayah kepulauan seribu mempunyai keindahan bahari yang tidak kalah dengan tempat di Indonesia timur. Hanya saja, pengembangannya dinilai belum maksimal.
Ahok: Kapal Bersubsidi Kurangi Kemiskinan di Pulau Seribu


"Kawasan Pulau Seribu sebagai kawasan strategis nasional, akan dikembangkan menjadi destinasi wisata di Indonesia. Kalau ada wisatawan, tidak perlu ke Indonesia timur, untuk melihat karang cukup di sini," kata Safri di atas Kapal Pesiar Quicksilver, saat berkeliling di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Sabtu 28 November 2015.


Untuk menunjang hal itu, kata Safri, dalam waktu dekat akan diadakan penanaman 1.000 terumbu karang di salah satu kawasan Pulau Seribu. Selain itu, ketersediaan air bersih juga akan menjadi fokus pengembangan.


"Apakah nanti pengelolaan air laut menjadi air tawar atau air sumur dalam, sekarang kami sudah tugaskan Litbang Geologi untuk meneliti ini" ujarnya.


Dengan dijadikannya Pulau Seribu menjadi pusat pariwisata, diharapkan ikut mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara ke dalam negeri.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya