Kapolda Metro Jaya: Demo Buruh Berlangsung Landai

Komisaris Jenderal Polisi Tito Karnavian.
Sumber :
  • Bayu Januar/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian, mengatakan demo buruh yang berlangsung di wilayah hukum Polda Metro Jaya berlangsung landai.

Lokasi Layanan SIM Keliling Hari Ini

Selain itu, mantan Kapolda Papua tersebut juga mengatakan, demo buruh masih dalam koridor.

"Demo buruh berlangsung landai-landai saja pendapat saya. Kalau di wilayah hukum Polda Metro Jaya, seperti Bekasi, Tangerang, Depok, di sana ada demo, tapi ya masih dalam koridor," ujar Tito di Mapolda Metro Jaya, Jumat, 27 November 2015.

Mengenai permasalahan mogok nasional, Tito mengatakan, tidak ada mogok produksi di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Kalaupun ada, hanya perusahaan-perusahaan kecil. Tapi secara umum, semua aman dan landai," ujar Tito.

Untuk itu, Tito mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan buruh yang sudah kooperatif. Tito juga menyarankan agar buruh menyampaikan aspirasinya menggunakan cara-cara yang lebih elegan.

"Saya sarankan, rekan buruh dalam menyuarakan aspirasinya, agar dengan cara elegan. Seperti jalur legislatif bisa masuk, dan masih ada jalur hukum, kalau tidak sepakat dengan peraturan pemerintah," jelasnya.

Mantan Kepala Detasemen Khusus 88 Polri ini menuturkan, jika pihak kepolisian melakukan tindakan tegas dalam aksi buruh, hal itu semata-mata untuk menegakan undang-undang yang berlaku.

"Jika tak sesuai aturan, sudah ada aturan hukumnya, UU tahun 98 Perkab nomor 7 tahun 2012 KUHP, kemudian UU Tenegakerjaan, UU serikat pekerja. Itu semua harus dikuti dipatuhi. Dan saya khawatir, teman-teman buruh kalangan bawah yang tidak mengerti aturan itu. Kalau kami tegas, itu karena ikuti prosedur hukum saja," ujar Tito. (ase)

Demo buruh tuntut dicabutnya PP Pengupahan

LBH Jakarta Tuding BAP Palsu Dibuat Bagi 26 Terdakwa Aktivis

Pengacara terdakwa menduga tidak ada pemeriksaan sebagai dasar BAP.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016