Penyakit Misterius di Papua, 31 Balita Meninggal

Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek
Sumber :
  • Mitra Angelia - VIVA.co.id

VIVA.co.id - Korban tewas akibat penyakit misterius di Distrik Mbuwa, Kabupaten Nduga, Papua telah mencapai 31. Semua korban adalah anak di bawah usia dua tahun.

Menteri Kesehatan, Nila Djuwita F Moeloek, mengatakan jumlah itu merupakan perhitungan yang dihimpun Kemenkes sejak Oktober 2015.
 
"Pertama-tama kami tentu, pemerintah, prihatin dengan berita yang kita terima. Tentu kami akan bertanggung jawab. Kami sudah menerima data dari dinas kesehatan Provinsi Papua. Dikatakan ada 31 anak di bawah usia 2 tahun yang meninggal sejak oktober 2015," ujar Nila Jumat, 27 November 2015 di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan.
 
Menurut Nila, Kemenkes melalui Direktorat Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) telah mengirimkan tim Surveillance untuk menyelidiki penyebab meninggalnya anak di bawah usia dua tahun itu.
 
Hingga kini, Nila menyebut pemerintah pusat masih menunggu infomasi dari tim surveillance. Kendati di sana ada keterbatasan mobilitas dan signal yang menjadi kendala informasi lambat disampaikan.
 
Terkait dugaan sementara penyakit, Nila belum mau menduga dan menyimpulkan secara cepat.
 
"Yang kami dengar, tentu kami tidak bisa bicara secara jelas, ada demam, kejang-kejang, ini juga masih berita. Belum tepat. Dalam hal ini belum akurat. Dan ada diare. Penyebab belum bisa kami sebutkan," katanya.
 
Sementara itu, sebelumnya Dinas Kesehatan Kabupaten Nduga, Papua mengatakan jumlah korban meninggal mencapai 56 orang.

Gadis ini Sering Keluar Darah dari Mata, Dokternya Heran

Ridho (4 tahun), anak keluarga miskin di Kabupaten Garut, menderita penyakit aneh menyerupai tumor pada bagian rahangnya.

Bocah Anak Keluarga Miskin Ini Menderita Penyakit Aneh

Dia dirawat neneknya. Ibunya jarang menengok. Bapaknya tak peduli.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2016