Begini Kondisi Menyeramkan di JPO Jalan Yos Sudarso

JPO utara
Sumber :
  • Danar Dono - VIVA.co.id

VIVA.co.id - Jembatan penyeberangan orang (JPO) seharusnya dapat menjadi fasilitas penting bagi masyarakat untuk menyeberangi jalanan dengan aman. Namun ternyata di Jakarta masih banyak JPO yang kondisinya memprihatinkan dan tidak terawat.

Keji, 3 Wanita Diperkosa di Angkot & Jembatan Penyeberangan

Kondisi JPO seperti itu dianggap bisa menjadi tempat rawan, baik kejahatan maupun kecelakaan. Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, masih banyak JPO yang tidak terawat dan terkesan menyeramkan di temukan di Jakarta Utara.

Memang, ada beberapa JPO yang terawat dan bersih. Sayangnya, itu hanyalah JPO yang terhubung dengan halte TransJakarta.

JPO utara

Salah satu JPO yang rawan karena tak terawat terletak di Jalan Yos Sudarso. JPO ini terlihat sangat kumuh dengan kondisi JPO yang mengalami kerusakan cukup parah.

Jembatan ini memiliki ukuran lebih panjang dari JPO pada umumnya. Desain JPO ini membentang di atas dua ruas jalan, yakni Jalan Yos Sudarso dan jalan Tol Tanjungpriok.

Jika melintas di atas JPO, sudah pasti merasakan ketidaknyamanan, terutama di musim hujan dan malam hari. Nyaris seluruh atap JPO raib entah kemana.

Cegah Perkosaan, Polisi Jadi 'Hantu' di Jembatan

JPO utara

Yang lebih parah lagi, banyak sekali kabel listrik bertegangan tinggi menjuntai dari bertebaran di sepanjang ruas JPO. Kondisi itu tentu membahayakan karena pelintas JPO bisa saja tersengat aliran listrik.

Di siang hari, mungkin jembatan ini cukup aman karena ramai. Namun di malam hari sepertinya menjadi lebih rawan, mengingat jalanan yang mulai sepi, ruas tol yang juga sepi (belum dibuka), serta penerangan yang minim.

Febi, 34, seorang karyawati yang ingin menyeberang, mengaku kurang nyaman dengan JPO ini. "Naiknya jauh, tinggi banget," ujarnya terengah-engah, Jumat, 27 November 2015.

Alasan Polisi Tembak Mati Pemerkosa PNS di JPO

JPO utara

Menurut wanita berusia 34 tahun itu, dengan kondisi seperti itu, warga semakin malas untuk menggunakan JPO.

"Atapnya saja banyak yang nggak ada, mas. Lampu juga kalo malam nggak nyala. Padahal ada lampunya. Saya sering lewat daerah sini kalo malam makanya tahu. Saya biasa lewat JPO Busway yang di depan, lebih aman dan bersih juga. Ini hanya karena buru buru," ujarnya.

Seperti diketahui sebelumnya, baru-baru ini, seorang karyawati berumur 22 tahun diperkosa dan dirampok di JPO Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Jembatan roboh di Manggarai, Jakarta Selatan

Guncangan Jembatan Roboh di Manggarai Terasa Seperti Gempa

Jembatan itu roboh akibat hujan deras yang terjadi sepanjang Senin.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016