Kapolda Bentuk Satgas Agar Warga Tidak Terkunci Saat Hujan

Komisaris Jenderal Polisi Tito Karnavian.
Sumber :
  • Bayu Januar/VIVA.co.id
VIVA.co.id
Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah
- Kepolisian Daerah Metro Jaya menggelar apel kesiapan menghadapi banjir yang akan terjadi di DKI Jakarta. Apel tersebut juga merupakan langkah awal untuk membentuk Satuan Tugas Gabungan dalam rangka menangani berbagai permasalahan yang timbul ketika banjir.

Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian, mengatakan, apel ini merupakan momentum untuk menyampaikan ke publik cara mengantisipasi banjir.

Jumat Siang, Hujan Disertai Petir Guyur Pendemo 4 November

"Namun Satgasnya belum terbentuk. Kita buat secepatnya. Kalau bisa dalam dua minggu ini," ujar Tito usai menggelar apel di Lapangan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Jumat 27 November 2015.

Tito mengungkapkan, apel hari ini juga merupakan peringatan kepada semua stakeholders untuk berpartisipasi menanggulangi terjadinya banjir, serta permasalahan yang ditimbulkan akibat banjir.

Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan

"Saya minta instansi yang terlibat antara lain Pemerintah Daerah DKI, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja dan dari unsur militer,"ujarnya.

Tito menuturkan sampai saat ini Kepolisian dan pihak terkait sedang menyusun konsep dari satgas tersebut. Tito mengaku, nantinya setiap instansi memiliki peran masing-masing dalam menanggulangi permasalahan banjir di DKI Jakarta.

"Saya sudah perintahkan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya untuk menyusun konsep Satgas agar tidak bekerja sendiri-sendiri. Ini kontijensi. Jadi harus melibatkan teman-teman yang lain," ujar Mantan Kapolda Papua tersebut.

Sementara itu, Tito menyampaikan ada dua permasalahan umum yang selalu terjadi ketika musim hujan datang, yaitu banjir dan genangan air yang menyebabkan kemacetan. Ia mengaku, untuk mengatasi dampak genangan air, Polda Metro Jaya telah membentuk satgas untuk menanggulangi hal tersebut.

"Khusus genangan air dan kemacetan lalu lintas, saya sudah meminta teman-teman di jajaran lalin dan Kepolisian Resor untuk membuat satgas," ujar Tito.

Tito berharap satgas kemacetan lalu lintas yang disebabkan oleh genangan air selalu siap siaga, agar masyarakat dapat beraktivitas dengan lancar.

"Kasihan masyarakat kalau hujan terkunci, tidak bergerak. Mereka mau marah sama siapa?" ucap Tito.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya