Ini Cara Pemkot Jakarta Timur Atasi Banjir

Ilustrasi/Pemotor melintasi banjir Jakarta
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id - Memasuki musim penghujan, banjir kerap terjadi di Jalan Inerbang Raya, RW 03 dan 05 Kelurahan Tengah, Kramatjati, Jakarta Timur. Mengatasi hal itu, Pemerintah Kota Jakarta Timur membuat sodetan. Proyek ini merupakan lanjutan dari tahun sebelumnya.

Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah

Wali Kota Jakarta Timur, Bambang Musyawardana mengatakan, sodetan yang dibangun di tengah Jalan Inerbang Raya ini menghubungkan saluran air dari Jalan Inerbang IV ke Saluran Kali Induk. Panjang sodetan yang dibangun hanya sekitar 70 meter. Proyek ini merupakan lanjutan dari pembuatan sodetan tahun sebelumnya yang panjangnya 85 meter.

"Sodetan ini dibuat untuk mengatasi genangan yang sering terjadi di Jalan Inerbang Raya. Proyek ini juga lanjutan dari tahun lalu. Sebab jika tidak dilanjutkan maka lingkungan warga masih tetap tergenang," ujar Bambang, Rabu, 25 November 2015.

Anggaran Banjir Minim, Belum Semua Sungai Dibenahi

Konsultan Pengawas Proyek Sodetan, Jhon Leonard mengatakan, kontraktor bekerja belum profesional. Alasannya, bibir bekas galian tidak diturap dan rawan longsor. Kemudian tidak ada segitiga pengaman yang dipasang di tengah jalan. Padahal Jalan Inerbang masih banyak dilintasi sepeda motor setiap harinya.

"Tanah bekas galian juga ditumpuk di depan rumah warga sehingga banyak warga protes. Harusnya tanah bekas galian diangkut secara bertahap," ujar Jhon.

1,7 Juta Orang Indonesia Terdampak Bencana dalam Enam Bulan

Pihaknya sudah beberapa kali menegur kontraktor, namun tidak pernah dihiraukan. Karenanya, dia akan memberikan catatan atas pelaksanaan proyek tersebut untuk dilaporkan ke Sudin Tata Air Jakarta Timur selaku pengguna anggaran proyek sodetan ini.

Pantauan di lapangan, Pipa berdiamter 120 sentimeter, ditanam dengan kedalaman sekitar 6 meter. Pembuatan sodetan menggunakan satu alat mesin jacking dan crane untuk pengangkutan tanah dari dasar sodetan.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya