Ini Beda Perilaku Komunitas Gay dan Lesbian

Ilustrasi kelompok LGBT.
Sumber :
  • REUTERS/Cathal McNaughton
VIVA.co.id - Gaya Patriot, sebuah lembaga swadaya masyarakat yang berbasis di Bekasi, mempublikasikan informasi tentang perbedaan perilaku komunitas homoseksual.
Fenomena LGBT Sudah Ada Sejak Dulu

Menurut mereka, komunitas pria gay lebih senang beraktivitas di luar rumah. Berbeda dengan komunitas wanita lesbian yang justru kebalikannya, cenderung tertutup dan lebih senang beraktivitas di dalam rumah.
Komnas HAM: Negara Harus Lindungi Kaum LGBT

"Jadi, bagi homoseksual (baca: komunitas pria gay), kegiatannya banyak karena memang senang. Namun untuk lesbiola (baca: lesbian) mereka terkesan tertutup," kata Rizal Aguti, Ketua Gaya Patriot, di Bekasi, Rabu, 25 November 2015.
LGBT Bisa Disembuhkan Lewat Terapi Konseling

Gaya Patriot, lembaga yang fokus pada penanggulangan bahaya HIV/AIDS, telah rutin memberikan edukasi tentang penyakit itu kepada komunitas homoseksual sejak 2005. Namun selama ini memang lebih banyak pada komunitas pria gay karena mereka lebih senang berkegiatan di luar rumah.

Gaya Patriot pun menyambut baik kebijakan Pemerintah Kota Bekasi yang akan mengalokasikan sebagian dana hibah untuk program pelatihan dan pemberdayaan bagi komunitas homoseksual. Kebijakan itu tak hanya merupakan bentuk perhatian pemerintah melainkan juga dukungan bagi komunitas homoseksual di masyarakat.

Menurut Rizal, berbagai kegiatan sosial akan membantu mereka dalam mengisi hari-hari, yang sering disibukkan dengan urusan pekerjaan. "Untuk kaum homoseksual, kebanyakan mereka bekerja sebagai pekerja pabrik. Pengusaha dan artis juga ada," katanya.

Rizal mencontohkan kegiatan sosial yang bermanfaat bagi para komunitas homoseksual, di antaranya, seperti, lomba karya tulis tentang HIV/AIDS dan hak asasi manusia. Kegiatan seperti itu juga bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

"Untuk kegiatan sosial, kita juga sudah jalan sendiri melakukan sosialisasi tentang HIV/AIDS di puskesmas di Kota Bekasi," ujarnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya