Di Jembatan Menyeramkan Itu Teriak pun Tak Terdengar

JPO Lebak Bulus
Sumber :
  • Irwandi Arsyad - VIVA.co.id

VIVA.co.id - Seorang karyawati diperkosa dan dirampok di atas jembatan penyeberangan orang (JPO) di Lebak Bulus, Jakarta Selatan pada Sabtu 21 November 2015.

Tempat kejadian tersebut tepatnya tidak beberapa jauh dari Gerbang Tol Ciputat I, di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan.

JPO ini memiliki panjang melebihi panjang JPO pada umumnya, karena membentang di dua ruas jalan arteri dan dua ruas jalan tol. JPO ini memiliki panjang sekitar 100 meter dengan lebar 2,5 meter. Selain panjang, JPO ini juga cukup tinggi.

Keji, 3 Wanita Diperkosa di Angkot & Jembatan Penyeberangan


JPO Lebak Bulus

Untuk dapat naik ke JPO, bisa naik melalui depan Kompleks Ruko Plaza III Pondok Indah atau sebelah pusat perbelanjaan, Carrefour.

Ito, pedagang bunga yang menjajakan barang dagangannya di bawah JPO itu mengatakan, JPO itu selama ini memang dikenal sepi karena jarang dilewati orang terutama di sore menjelang malam hari.
JPO Lebak Bulus
Selain itu, di malam hari, nyaris tak ada yang berani menyeberangi jalan memanfaatkan JPO itu. Karena, kondisi JPO sangat gelap akibat lampu penerangannya yang jarang sekali dinyalakan.

"Kadang kalau orang sendirian nggak berani menyeberang. Karena Lampu jarang nyala. Gelap lagi," ujarnya.

Cegah Perkosaan, Polisi Jadi 'Hantu' di Jembatan

Selanjutnya... Perampok beraksi siang dan malam..

Perampok beraksi siang dan malam

Alasan Polisi Tembak Mati Pemerkosa PNS di JPO

JPO Lebak Bulus

Selain itu, menurutnya, di atas JPO tersebut sering terjadi tindak kejahatan perampokan. Perampokan tak hanya terjadi malam hari, tapi juga siang hari.

Perampok begitu leluasa beraksi di atas JPO karena apapun yang dilakukan di atas JPO, tidak akan terlihat dari bawah. Sebab, sebagian besar ruas JPO tertutup pepohonan rindang yang berdiri di bawahnya.

JPO Lebak Bulus

Bahkan, suara orang berteriak dari atas JPO tak akan terdengar oleh orang yang berada di bawahnya karena di lokasi cukup bising dengan suara kendaraan yang melintas di jalan arteri dan jalan tol.

"Suara berisik. Karena pas di atas tol. Nggak terlalu ramai orang menyeberang karena takut. Kalau di atas juga nggak kedengaran sampai ke sini," katanya.

JPO Lebak Bulus

Saat VIVA.co.id menyambangi JPO itu, terlihat JPO dalam kondisi memprihatinkan. JPO dipenuhi oleh sampah dedaunan pepohonan yang menutup sebagian ruas JPO. Untuk naik ke JPO harus menaiki sekitar 50 anak tangga hingga sampai ke atas JPO.

Tidak hanya itu untuk mencapai ujung pun, setidaknya harus melangkah hingga 130 langkah orang dewasa atau menempuh dengan panjang sekitar 100 meter.


JPO Lebak Bulus


Sekitar satu jam menginjakkan kaki di atas JPO, tak seorang pun manusia yang naik dan melintas di atas JPO.

Keadaan JPO yang sudah lusuh dan dipenuhi oleh coret-coretan tersebut terasa mencekam di tengah kebisingan mobil yang melaju cepat didalam tol yang berada tepat di bawah JPO.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya