Ternyata Ada Kura-kura Raksasa Menghuni Kali Ciliwung

Banjir Jakarta
Sumber :
  • Yulianisa

VIVA.co.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, menghadiri peringatan hari jadi Sungai Ciliwung yang jatuh pada hari Rabu, 11 November 2015.

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

Peringatan tersebut dilangsungkan bersama sejumlah komunitas di Condet, Jakarta Timur.

Djarot tiba sekitar pukul 11.00 WIB di lokasi cagar alam milik Komunitas Ciliwung Condet dengan menyusuri Ciliwung terlebih dulu menggunakan perahu karet.
Profil Sandra Dewi, Artis Cantik yang Suaminya Terjerat Kasus Korupsi

Djarot menyeberang dari wilayah Jakarta Selatan yang berseberangan dengan lokasi acara. Pria yang pernah menjabat sebagai Wali Kota Blitar ini juga sempat menonton sejumlah pertunjukan seni.
Wawancara Lawasnya Jadi Sorotan, Sandra Dewi Ogah Disebut Hidup Bak di Negeri Dongeng

Dalam sambutannya, Djarot mengatakan momentum ini bagus untuk bersama menyelamatkan ekosistem Ciliwung. Sebab, lingkungan alam Ciliwung menurutnya telah rusak.

"Tadi saya sampaikan kenapa kita sakiti mereka (kali), karena jiwa kita sakit. Kenapa sakit, karena mohon maaf, kita ini serakah. Kita ingin makan semua alam sekitar kali ini hanya demi kepentingan ekonomi. Seakan-akan kita bisa makan 100 tahun," jelas Djarot.

Djarot mengungkapkan, mengatasi lingkungan Ciliwung adalah persoalan serius. Banyak habitat alam, mulai dari flora dan fauna asli Ciliwung yang nyaris punah.

Sebut saja salak Condet, dukuh Condet, dan flora lainnya. Tak ketinggalan hewan seperti senggawang yang bentuknya menyerupai kura-kura berukuran raksasa yang diperkirakan sudah langka di Ciliwung.

"Senggawang kalau masih ada kita bisa lestarikan, sehingga anak cucu kita bisa tahu, oh di kali Ciliwung ada binatang yang namanya senggawang," kata Djarot

Mengikuti acara hari jadi Ciliwung ini pun Djarot sempat bertanya-tanya. Mengapa tanggal 11 November bisa ditetapkan sebagai hari jadi salah satu sungai terbesar yang membelah ibu kota itu.

Djarot mengaku mendapat penjelasan bahwa hari jadi Ciliwung mulai ditetapkan sejak tanggal 11 November 2011 silam.

Momentum itu bertepatan dengan ditemukan hewan senggawang yang menyerupai kura-kura pada saat itu di Tanjung Barat, Jakarta Selatan. Senggawang ditemukan pencari ikan di Ciliwung. Beratnya 140 kilogram dengan panjang 1,5 meter nyaris sebesar meja kerja.

Menurut komunitas alam di sana, hewan ini hanya ditemukan dua kali, yakni zaman penjajahan Belanda 1908 yang kemudian dibawa ke Jerman. Kedua yakni sekitar tahun 1970-an.

"Jadi landasan ini ditetapkan sebagai hari Ciliwung masuk akal," ujar Djarot.

Djarot mengaku mendukung kegiatan yang berkaitan dengan penyelamatan Ciliwung. Menjelang akhir acara, Djarot berkesempatan menanam bibit salak condet dan memantau aktivitas pembersihan kali Ciliwung. (ase)

[Baca juga: ]


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya