2020, Laju Kendaraan di Jalanan Jakarta Cuma 8 Km/Jam

Sopir taksi di tengah kemacetan lalu lintas Jakarta
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id - Kecenderungan urbanisasi di Indonesia terus meningkat tahun ke tahun. Hal ini dipengaruhi oleh tekanan pertumbuhan migrasi penduduk dan reklasifikasi pedesaan yang menyebabkan terjadinya degradasi kualitas infrastruktur perkotaan.

Kementerian Perhubungan yang bekerja sama dengan Japan National Capital Region (JICA), memperkirakan bahwa pada 2020 akan terjadi kenaikan permintaan perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi di Jabodetabek  sebesar 40 persen, sebaliknya peran angkutan umum akan menurun drastis sebesar 18,5 persen.

"Perubahan kecepatan rata-rata perjalanan diperkirakan mengakibatkan terjadinya degradasi sampai 8,4 kilometer/jam selama 2010-2020," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Kementerian Perhubungan, Elly Adriani Sinaga dalam seminar "Transportation Master Plan for Jabodetabek" di Jakarta, Rabu 4 November 2015.

Menurut Elly, kemacetan yang terjadi pada batas wilayah sudah menembus ke wilayah lingkar dalam Jakarta. Timbulnya kota-kota baru di luar Jakarta yang bersifat menyebar ke wilayah Bodetabek, memperparah lalu lintas di Jakarta.

Akibatnya, banyak masyarakat yang bekerja di Jakarta, namun tinggal di luar Jakarta seperti di Depok, Bogor, Bekasi, dan Tangerang, namun menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju kantor.

"Tekanan perjalanan menuju pusat kota Jakarta dari wilayah Bodetabek terjadi setiap hari dengan beban tertinggi terjadi pada jam puncak pagi dan sore. Pada 2014 saja jumlah perjalanan mencapai 10,86 juta perjalanan," ujar Elly.

Selain itu, kemacetan di perkotaan telah menyedot tingkat pemborosan sampai 2-5 persen dari produk domestik bruto (PDB) negara. Hal itu karena hilangnya waktu produktif dan tingginya biaya transportasi yang harus ditanggung.

Untuk dapat menyelesaikan permasalahan transportasi di Jabodetabek, kata Elly, perlu dilakukan perencanaan pembangunan yang terintegrasi, baik dari regulasi tata ruang, transportasi infrastruktur, dan organisasi di wilayah Jabodetabek.

Pengembangan Masterplan Transportasi Jabodetabek perlu melibatkan peran semua pemerintah daerah, baik pemerintah provinsi, kota dan kabupaten yang ada di wilayah Jabodetabek.

Hujan Guyur Jakarta Malam Ini, Kemacetan di Mana-mana

Situasi lalu lintas di Tol Serpong-Bintaro-Pondok Indah padat merayap.

Hujan Perparah Kemacetan di Jakarta Pagi Ini

Kepadatan lalu lintas sudah terjadi sejak pukul 06.30 WIB.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016