Kabut Asap Sampai ke Jakarta, Ahok Nilai Belum Berbahaya

Ilustrasi wanita mengenakan masker.
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, membenarkan laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang menyebut bahwa kabut asap akibat kebakaran hutan di Pulau Sumatera dan Kalimantan, telah tertiup pula ke arah selatan, menuju Laut Jawa, dan menyelimuti sebagian langit Jakarta.

Hanya saja, karena bersumber dari kebakaran hutan di pulau lain, Ahok, sapaan akrab Basuki mengatakan kabut asap yang tiba di Jakarta sifatnya hanya sisa-sisa dan tidak sampai ke taraf yang membahayakan kesehatan warga.

"Tingkatan kabut asapnya di sini masih sedang," ujar Ahok di Balai Kota DKI, Senin, 26 Oktober 2015.

Karena bersumber dari kebakaran hutan di provinsi lain, Ahok mengatakan bahwa untuk sementara, belum ada tindakan yang bisa diambil Pemerintah Provinsi DKI untuk menanggulangi hal tersebut. Ia berharap upaya pemadaman yang kini tengah dilakukan oleh pemerintah pusat lewat jalur darat dan udara bisa memberikan dampak maksimal sehingga kabut asap bisa padam dan tidak sampai menyebar ke daerah lain.

"Kita berdoa saja supaya pesawat-pesawat bisa cepat padamkan, dan mudah-mudahan angin juga bisa bantu dorong cepat," ujar Ahok.

Inisiator Bantah Pansus Asap Bakal Rongrong Pemerintah

(ren)

Polusi Jakarta Lebih Mematikan daripada Kabut Asap
Kabut asap tipis di Jakarta.

Kabut Asap di Jakarta-Bandung? Ini Penyebabnya

Konsentrasi aerosol di kedua kota di ambang batas.

img_title
VIVA.co.id
2 November 2015