Budi Waseso: Narkoba Mulai Sasar Anak TK

Kepala BNN dan Mensos
Sumber :
  • VIVA.co.id / Anwar Sadat

VIVA.co.id - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komisaris Jenderan (pol) Budi Waseso mengatakan, saat ini mafia narkoba telah melakukan proses regenerasi pangsa pasar. Proses ini menjadikan anak-anak sebagai target peredaran narkoba.

Puluhan Warga Dukung Buwas Maju di Pilkada Jakarta

"Regeneraai tersebut telah menjadikan anak TK sebagai sasarannya," kata Budi Waseso saat melakukan audiensi dengan Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa, di Gedung Kementerian Sosial Republik Indonesia Senin, 19 Oktober 2015.

Menurut Buwas (sapaan Budi Waseso), hal itu dilakukan oleh para mafia untuk terus mengembangkan bisnis narkoba di tanah air. Karena jika seseorang mulai kecanduan narkoba sejak kecil, durasi kecanduan terhadap barang haram itu akan lebih lama.

Narkoba Ratusan Kilo Diselundupkan Lewat Ban Mobil

Regenerasi itu juga akan menggantikan para pecandu yang sudah terobati atau telah tewas karena barang tersebut.

"Mereka (bandar narkoba) melakukan regenerasi pangsa pasar karena mereka sadar pengguna narkoba yang ada suatu saat akan berhenti. Karena sudah terobati atau berhenti karena tewas, jadi mereka melakukan regenerasi pangsa pasar, dan korbannya menyasar sampai ke anak TK," kata mantan Kabareskrim itu.

Menanggapi hal tersebut, Khofifah mengatakan, saat ini telah membentuk pusat penyuluhan sosial (puspensos). Langkah menteri membentuk Puspensos ini sudah berjalan pada tahun 2015.

"Untuk menanggulangi permasalahan terkait pengguna narkoba khususnya pada anak di bawah umur, kita ada puspensos. Di mana puspensos ini juga sudah memfokuskan pada dua hal, hal pertama yaitu fokus pada antipornografi, dan yang kedua yaitu fokus pada anti narkoba," ujar Khofifah

Menurut Khofifah, peran orangtua juga dibutuhkan dalam mencegah anak menjadi pengguna narkoba. Orangtua juga harus dapat mengenali pola tingkah perilaku sang anak.

Ketika anak mulai suka menyendiri, atau ditemui dalam kondisi menggigil, keluar bulir keringat, orangtua sudah harus waspada. "Maka dari itu, pengenalan perubahan sikap anak oleh keluarga itu menjadi sangat penting," kata dia.

Buwas: Jakarta Perlu Perhatian Khusus Pengawasan Narkoba
Aktivis KontraS Haris Azhar

Dua Tahun Haris Azhar Simpan Rahasia Freddy Budiman

Bagaimana nasib Haris Azhar dan akhir dari kasus ini.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016