Stasiun Senen Bersiap Sambut Kedatangan Bobotoh Persib

Pawai Kemenangan Persib
Sumber :
  • ANTARA/Agus Bebeng

VIVA.co.id - Pertandingan final piala Presiden 2015 bakal digelar di Jakarta. Ribuan suporter dari dua kesebelasan Persib Bandung dan Sriwijaya FC akan mendatangi Ibu Kota pada Minggu, 18 Oktober 2015.

Kapolda Jabar Kawal Bobotoh Hingga Piala Bhayangkara Usai

Tak hanya melalui kendaraan pribadi, biasanya para pendukung akan memasuki Jakarta melalui berbagai transportasi, seperti kereta.

Hingga hari ini, Jumat, 16 Oktober 2015, kondisi di Stasiun Pasar Senen, Senen, Jakarta Pusat, masih dalam kondisi normal. Dari pantauan VIVA.co.id, belum terlihat adanya tanda- tanda kedatangan suporter salah satu kesebelasan yakni Persib Bandung atau yang lebih dikenal dengan sebutan Bobotoh ke Jakarta melalui kereta.

"Belum ada (Bobotoh). Belum ada tanda- tanda kedatangan mereka hari ini. Kalau ada, mereka pasti datangnya ramai-ramai dari kereta yang melewati Bandung ke Senen," ujar salah satu petugas Stasiun Senen di Stasiun Pasar Senen, Rohmani (35).

Baca juga:

Polisi Rekonstruksi Kericuhan Saat Final Piala Presiden

Disamping itu, polisi juga tak terlihat mendirikan pos pengamanan (pospam) guna menjaga kedatangan Bobotoh yang akan menuju ke Jakarta melalui jalur kereta ke Stasiun Pasar Senen.

"Pos pengamanan untuk mengamankan kedatangan Bobotoh juga belum ada di sini. Kalau memang ada, pasti ada di pojok kanan stasiun," kata dia.

Kepala Kepolisian Sektor Senen, Komisaris Polisi Kasmono mengatakan, meski belum didirikan pospam, namun ada beberapa anggota yang sudah berjaga di stasiun.

"Kita telah antisipasi mulai hari ini, meski tidak ada pospam di sana. Inikan pintu masuk Bobotoh juga ke Jakarta, makanya harus kita jaga. Mereka diduga datang dengan kereta Serayu, jurusan Purwokerto- Pasar Senen, tapi lewat Bandung," sambungnya saat ditemui di kantornya.

Menurut Kasmono, dia telah berkoordinasi dengan pihak stasiun guna melakukan pengamanan. Bahkan, Kasmono juga menjelaskan jika Stasiun Pasar Senen pun telah diminta untuk berkoordinasi dengan pihak Stasiun di Bandung untuk memastikan apakah ada Bobotoh yang datang melalui jalur kereta yang berhentinya di Stasiun Pasar Senen.

Korwil Jakmania Kemayoran Jadi Tersangka Kerusuhan

Baca juga:

"Kita telah kerja sama dengan pihak stasiun, tentang kedatangan mereka jam berapa kalau ada yang ke stasiun. Pihak stasiun Pasar Senen juga sudah koordinasi dengan staisun di Bandung, untuk mengetahui apakah mereka ada yang datang ramai-ramai ke Jakarta melalui Stasisun ini," katanya lagi.

Lebih lanjut dia menjelaskan, jika ada Bobotoh yang ke Jakarta melalui Stasiun Pasar Senen, nantinya para suporter ini tidak akan di lepas begitu saja menuju ke GBK. Tetapi akan mendapatkan pengawal agar tidak bentrok di jalan.

"Kita siapkan angkutan, atau mungkin mereka sudah siapin angkutan di sini. Namun yang pasti, kita harus kawal mereka ke lokasi. Paling tidak, kita kawal mereka pakai mobil patroli untuk masuk ke sana (SUGBK)," kata dia. (ren)

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya