Piala Presiden, Kapolda Minta Suporter Tidak Terpancing

Kapolda Launching Tim Pengamanan Car Free Day
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Rencana final Piala Presiden antara Persib Bandung dengan Sriwijaya FC yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, belakangan menjadi polemik.

Korwil Jakmania Kemayoran Jadi Tersangka Kerusuhan

Seperti diketahui, rivalitas antara Bobotoh dengan The Jakmania sudah sangat sengit. Sangat riskan terjadi bentrok jika nantinya final Piala Presiden tetap dipaksakan di SUGBK.

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan, Polda Metro meminta agar masyarakat dan suporter tidak mudah terpancing dengan oknum yang ingin membuat masalah jelang pertandingan. Baik saat pertandingan maupun usai pertandingan.

"Saya imbau ini mulai ada di media sosial yang nakal dari pendukung Persib Bandung maupun pendukung Persija Jakarta, mulai ada sedikit terpancing berdebat di media sosial, saya minta jangan terpengaruh. Ini hanya beberapa oknum, malu kita kenapa sudah 70 tahun merdeka tapi masih ribut. Kita harus menunjukan kita bangsa yang beradab," ujar Tito kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Selasa, 13 Oktober 2015.

Tito menambahkan, mengenai polemik antara Viking atau Bobotoh (pendukung Persib Bandung) dengan The Jakmania (pendukung Persija Jakarta) akan dilakukan komunikasi agar tidak terjadi gesekan.

"Teman-teman dari The Jakmania pada prinsipnya mendukung (pertandingan final di SUGBK), tapi meminta agar temen-teman dari suporter Persib mereka dapat lebih tertib, santun dan jangan provokatif," kata dia.

Jika memang ada oknum atau penyusup yang memanfaatkan momen final sepakbola tersebut untuk membuat kerusuhan, Tito menegaskan tidak akan segan-segan akan ditindak dan diproses hukum.

"Jika memang ada, tangkap dan proses hukum," tegasnya.

Sebelumnya, laga Final Piala Presiden antara Persib Bandung lawan Sriwijaya FC dijadwalkan akan berlangsung di GBK. Untuk itu kepolisian diminta untuk menjaga pengamanan di lokasi pertandingan dan juga di akses jalan yang juga berpotensi menimbulkan bentrokan.

Hal itu disebabkan lantaran pendukung Persib Bandung dengan pendukung Persija Jakarta tidak akur. Selain SUGBK, dua tempat lainnya yang menjadi event final tersebut dijadwalkan berlangsung di Bali dan Solo. (ase)

Sekjen Jakmania Minta Maaf Bikin Piala Presiden 2015 Ricuh
Bobotoh Persib Bandung di Final Piala Presiden 2015

Polisi Rekonstruksi Kericuhan Saat Final Piala Presiden

Tembakan peringatan membuat massa malah lebih beringas.

img_title
VIVA.co.id
29 Oktober 2015