Ini Persiapan Polda Metro Jika Final Piala Presiden di SUGBK

Kapolda Metro bersama supporter bola
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bayu Yanuar Nugraha
VIVA.co.id
Lokasi Layanan SIM Keliling Hari Ini
- Pertandingan final Piala Presiden antara Persib Bandung melawan Sriwijaya FC memang belum ditentukan dimana tempat berlangsungnya event tersebut. Ada tiga lokasi yang direncanakan akan menjadi tempat pertandingan final tersebut, di antaranya Jakarta, Bali dan Solo.

Polda Metro Jaya Pastikan Material Pembuatan SIM Tersedia
Meskipun belum ditentukan, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian menegaskan, Polda Metro Jaya siap mengamankan pertandingan jika memang dilangsungkan di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta.

Polda Metro Siap Tampung Laporan Soal Makam Fiktif
"Kami siap mengamankan pertandingan, memang belum resmi dimana tempatnya berlangsung. Nanti malam baru keputusan panitia pelaksananya," ujar Tito kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Selasa, 13 Oktober 2015.

Jika memang pertandingan antara Persib Bandung melawan Sriwijaya FC berlangsung di SUGBK, kata Tito, ia sudah menyiapkan beberapa langkah dalam pengamanan.

"Ada beberapa langkah untuk melakukan pengamanan jika memang di GBK, Besok (Rabu) kita lakukan pengecekan di lapangan bersama panitia terkait. Hal itu untuk mengecek berapa sebetulnya kapasitasnya GBK," kata Tito.

Tito mengungkapkan, kapasitasnya dari GBK adalah 80 ribu orang, akan tetapi menurutnya, GBK ini adalah gedung lama dan sudah banyak tempat duduk yang lapuk.

"Nanti hari Jumat akan lakukan briefing umum para perwira danton ke atas dan sekaligus rapat di Mabes Polri, hari Sabtu pagi kita lakukan gladi bersih termasuk pemasangan tenda-tenda dan pos-pos pengamanan," tuturnya.

Untuk hari Kamis atau Jumat, jika memang pertandingan berlangsung di Jakarta, kata Tito, pihak kepolisian akan memberikan imbauan dan pernyataan resmi lewat media.

"Kami akan mengimbau masyarakat yang datang sendiri sebaiknya berbuat apa. Misalnya tidak menggunakan seragam saat berangkat, tapi pas di GBK baru mereka menggunakan seragam suporter," kata Jenderal Bintang Dua tersebut.

Akan tetapi, jika memang nanti keputusan dari panitia penyelenggara Piala Presiden melangsungkan pertandingan antara Persib Bandung dan Sriwijaya FC bukan di Jakarta maka langkah tersebut tidak akan digunakan.

"Tapi kalau ternyata pertandingannya di Bali atau Solo otomatis rencana pengamanan ini kita simpan saja atau batal," katanya.

Sebelumnya, laga final Piala Presiden antara Persib Bandung lawan Sriwijaya FC dijadwalkan akanberlangsung di Gelora Bung Karno. Untuk itu pihak kepolisian diminta untuk menjaga pengamanan di lokasi pertandingan dan juga di akses jalan yang juga berpotensi menimbulkan bentrokan.

Hal itu disebabkan lantaran pendukung Persib Bandung yaitu Viking dan Bobotoh yang terkenal tidak akur dengan pendukung Persija Jakarta The Jak Mania. Selain SUGBK, dua tempat lainnya yang menjadi event final tersebut dijadwalkan berlangsung di Bali dan Solo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya