Akhir Tahun, Normalisasi Kali Ciliwung Ditarget Rampung

Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fanny Octavianus

VIVA.co.id - Setelah penertiban bangunan di Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, proyek pengerjaan hingga kini terus dikerjakan. Pengerjaan normalisasi kali ditargetkan bisa selesai pada Desember 2015.

Agus Triwibowo, Project Manager Kerja Sama Operasional Adhi Jaya Konstruksi mengatakan, proses pengerjaannya saat ini baru mencapai 200 meter dari total 1,95 kilometer yang akan diselesaikan. 

"Pengerjaan ini baru sekitar 36 persen dilakukan. Kami targetkan normalisasi Kali Ciliwung bisa selesai Desember nanti," ujar Agus di lokasi, Senin 12 Oktober 2015

Agus menambahkan pekerjaan yang dilakukan meliputi pembangunan turap dengan sheet pile dan jalan inspeksi selebar tujuh meter. Selain itu, sebagian pinggir kali juga telah dibangun jogging track selebar tiga meter.

Kali Ciliwung Depok Heboh Lagi Temuan Mayat

"Jogging track tidak dibangun di sepanjang jalan inspeksi. Nantinya hanya beberapa titik saja yang memiliki jogging track," katanya.

Lebih jauh, Agus menuturkan pihaknya mendapat kendala dari lingkungan sekitar. Sebab, lokasi pengerjaan proyek terkadang dijadikan tempat bermain anak-anak dari warga sekitar pada saat sore hari.

Ahok: Normalisasi Sungai Seiring Pembangunan Rusunawa

"Padahal di sini ada banyak alat berat. Namun kami juga tidak dapat menutup akses area jalan inspeksi ini karena digunakan pula oleh warga untuk menjangkau rumah mereka," ujarnya.

‎Pekerjaan normalisasi Kali Ciliwung saat ini baru dilaksanakan pada sisi bantaran Kampung Pulo, Jakarta Timur. Sementara pada sisi lainnya yakni kawasan Bukit Duri, Jakarta Selatan masih harus menunggu tahun depan.

Sungai Ciliwung

Alokasi Terbesar Dana Banjir untuk Rehabilitasi Sungai

Hanya sungai di kawasan strategis.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016