Ahok: Ketua DPRD Suka Ngambek Kayak Anak-anak

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama bersama Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti
VIVA.co.id
Ketua DPRD Belum Juga Teken Laporan Pemprov DKI, Ngambek?
- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menuding, Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi sengaja enggan menandatangani Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Tahun 2014 yang telah diserahkan oleh Pemerintah Provinsi DKI sejak 6 April 2014.

Ahok mengatakan, alasannya Prasetio yang berasal dari Fraksi PDIP itu 'ngambek' karena dalam menjalankan tugasnya, Pemerintah Provinsi DKI seolah tidak pernah membutuhkan peranan dewan sebagai lembaga pengawas pemerintahan.

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

"Makanya kadang-kadang sama teman itu begitu, susah. Ini namanya temen ngambek. Dia bilang cuma becanda. Katanya, 'abis elu enggak pernah nyari gue, gue cariin lu enggak angkat-angkat teleponnya'," ujar Ahok di Balai Kota DKI, Senin, 12 Oktober 2015.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

Akibatnya, Ahok mengatakan, pengesahan penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) DKI oleh Kementerian Dalam Negeri menjadi tertunda. Kemendagri enggan mengesahkan penggunaan APBD-P yang besarannya Rp65,7 triliun karena salah satu syarat yang dibutuhkan, adanya LKPJ atas penggunaan APBD tahun yang lalu yang disetujui DPRD, tidak dipenuhi dengan benar.

Ahok mengaku, enggan menebak-nebak motivasi Prasetio sebagai pimpinan DPRD melakukan hal tersebut. Yang jelas, Ahok mengatakan, perbuatan Prasetio telah membuat APBD-P yang rinciannya dijanjikan Ahok terbebas dari anggaran yang digelembungkan dan akan menjadi jawaban atas rendahnya serapan anggaran DKI, menjadi tidak dapat segera digunakan dan serapan anggaran Jakarta terus mandek, bahkan hingga menjadi yang terendah dari serapan anggaran di seluruh Indonesia.

"Saya bilang itu (Prasetio) temen yang ngambek, kayak anak-anak. Kamu terjemahin sendiri aja artinya apa. Saya enggak tahu maunya apa," ujar Ahok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya