Kapolda Ungkap Sulitnya Kasus Pembunuhan Putri

Bahas Jakarta, Kapolda, Pangdam dan Ormas Kumpul di Mapolda Metro Jaya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Sudah sepekan berlalu kematian Putri, bocah berumur sembilan tahun yang ditemukan tewas dalam kardus di Kalideres, Jakarta Barat. Hingga kini, polisi belum juga menentukan siapa tersangka pembunuh bocah malang tersebut.

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan, butuh waktu dalam pengungkapan kasus tindak pidana pembunuhan.

"Ini waktunya baru seminggu, saya berapa kali menangani kasus pembunuhan seperti 3 siswi di mutilasi di Poso di kota kecil, 3 bulan baru diungkap. Semua butuh waktu," ujar Tito kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jumat 9 Oktober 2015.

Baca juga:

Nyawa Putri Melayang di Tempat Seharusnya Dia Bermain

Kemudian, Tito mencontohkan, kasus lainnya yang pengungkapannya membutuhkan waktu yang cukup lama.

"Kalau kita lihat kasus pengeboman Kedutaan Besar Australia tahun 2000 baru terungkap 2002, dua tahun kemudian. Kalau seminggu atau dua minggu atau sebulan tim bisa mengungkap itu luar biasa," kata dia.

Untuk penyelidikan kasus Putri, Tito menuturkan, semua butuh waktu apalagi tim sedang menunggu hasil tes DNA yang lebih akurat dan mengumpulkan bukti lainnya.

"Kalau ditanya kesulitan yang pertama masalah DNA. DNA kan membutuhkan waktu, kedua adalah TKP yang cukup ramai, ada puluhan ribu orang," kata Tito.

Rekonstruksi: Agus Buang Jasad Putri dengan Sepeda Motor

Baca juga:

Warga Rawalele Bongkar Bedeng Tempat Putri Dibunuh

Untuk itu, tim saat ini sedang mempersempit penyelidikan, sekarang sudah bagus mempersempit kemungkinan pelaku.

"Di antaranya pelaku kemungkinan mempunyai gangguan seksual, karena korbannya anak-anak. Itu kan jumlahnya menyempit, kedua dari TKP korban tidak mungkin diculik, artinya kenal, dan ketiga dari keterangan dokter kemungkinan korban bukan sekali mendapatkan kekerasan seksual, artinya kenal, otomatis korban kenal dengan pelaku, artinya makin menyempit terus menyempit," kata dia.

Rilis Pembunuhan Bocah Dalam Kardus

Pembunuh Bocah dalam Kardus Segera Diadili

Kejaksaan sudah menyatakan berkas Agus sudah lengkap

img_title
VIVA.co.id
9 April 2016