Seberapa Efektif Satgas Tindak Kopaja dan Metromini

Kecelakaan Jakarta
Sumber :
  • Irwandi Arsyad - VIVA.co.id
VIVA.co.id
Ratusan Driver Gojek Sweeping Ojek Pangkalan di Margonda
- Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya membentuk satgas tata tertib (tatib) untuk menertibkan keberadaan Uber Taxi yang dirasa melanggar aturan. Satgas tatib juga fokus menertibkan kendaraan umum lainnya seperti Kopaja dan Metromini yang kerap melanggar aturan.

Gojek Dapat Suntikan Dana Lagi Rp7 Triliun

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Selatan Komisaris Polisi Doddy Ferdinand mengatakan, keberadaan satgas tatib nantinya akan melakukan razia secara rutin kepada kendaraan umum yang melanggar aturan.
Terseret Kereta 15 Meter, Driver Gojek Selamat


"Apalagi sejak kecelakaan kemarin yang melibatkan kendaraan umum Kopaja, satgas ini (tatib) fokus untuk menindak pelanggaran kendaraan umum lainnya," kata Doddy kepada wartawan, Jumat 18 September 2015.


Satgas akan menindak setiap pelanggaran kendaraan umum dalam bentuk apapun seperti kendaraan yang menunggu penumpang di sembarang tempat, sopirnya tidak memiliki surat-surat dan SIM kendaraan umum. "Semuanya nanti akan ditilang, bahkan kendaraannya akan disita," kata Doddy.


Doddy menambahkan, satgas ini juga akan berkeliling di tempat yang memang sudah dipetakan rawan kecelakaan dan sering dipakai kendaraan umum untuk menunggu penumpang. "Petugas kita mobile, kita sudah petakan, nanti akan dimaksimalkan," ujarnya.


Akan tetapi kata Doddy, tidak sedikit sopir kendaraan umum yang memanfaatkan kelengahan petugas.


"Karena kita mobile dan anggota belum banyak, masih banyak sopir nakal yang mencuri kesempatan, kaya main kucing-kucingan, tapi kita akan meningkatkan pengawasan," katanya.


8 Kecelakaan Kopaja

Sejak awal tahun hingga September 2015, tercatat ada delapan kecelakaan yang melibatkan Kopaja di Jakarta Selatan. Sebanyak 15 kecelakaan melibatkan Metromini. Kepolisian telah melakukan beragam upaya untuk meminimalisir kecelakaan dengan pencegahan.


"Sudah ada upaya preventif bersama Dishub. Misal imbauan ke terminal-terminal dan pembinaan berkala," kata Doddy.


Imbauan tersebut berupa upaya mementingkan keselamatan penumpang. Polisi tak segan melakukan penindakan. "Kita juga ada represif, yakni penindakan," kata Doddy


Penindakan tersebut akan dilakukan oleh Satgas Tata Tertib yang juga dibentuk untuk menertibkan Uber Taxi.


Kecelakaan yang melibatkan Kopaja terakhir kali terjadi pada Rabu 16 September 2015 di Warung Buncit, Jakarta Selatan. Kecelakaan tersebut mengakibatkan dua orang yang merupakan pasangan suami istri meninggal dunia.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya