Lama Kosong, Ahok Ingin Menara 'Miring' Saidah Dibongkar

Menara Saidah
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengatakan, Menara Saidah di kawasan Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan selayaknya harus dibongkar.

"Kalau pemilik gedungnya sudah enggak pakai, seharusnya kita bongkar," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Kota DKI, Rabu, 8 September 2015.

Gedung tinggi 30 lantai bergaya arsitektur klasik dan mulai dibangun sejak tahun 1995 itu diketahui telah kosong sejak tahun 2007. Beredar kabar konstruksi gedung sudah tidak layak dan sedikit miring.

Menurut Ahok, ia tidak mengetahui status hukum dari gedung yang ditutup karena diketahui mengalami sebuah kesalahan desain dalam konstruksinya. Karena itulah, Ahok akan mengeceknya ke Dinas Penataan Kota.

Ahok mengatakan sebuah gedung yang telah lama tidak dipakai biasanya tidak lagi memiliki Sertifikat Layak Fungsi (SLF) yang berlaku.

"Status hukumnya saya enggak tahu. Kalau gedung sudah enggak dipakai, biasanya kita enggak kasih SLF," ujar Ahok.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Menara Saidah dibangun oleh BUMN yang bergerak di bidang konstruksi, PT Hutama Karya, pada tahun 1995 hingga 1998.

Viral Bule Cabul Bikin Sekte Sesat di Bali, Sandiaga Uno Buka Suara!

Gedung tersebut sempat dipakai untuk keperluan perkantoran hingga pada tahun 2007, gedung resmi ditutup karena pondasi gedung diketahui miring beberapa derajat dan dikhawatirkan mengancam keselamatan penghuninya.

Dok. Istimewa

Jokowi Perintahkan BNPB Segera Atasi Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi

Jokowi mengaku terus memonitor perkembangan bencana banjir lahar dingin Gunung Marapi.

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024