Ini Kronologi Kebakaran Pul Bus TransJakarta

Bus TransJakarta
Sumber :
  • @tmcpoldametro
VIVA.co.id -
Imbas Demo 4 November, TransJakarta Perpendek Rute
Kebakaran terjadi di pul bus TransJakarta di Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat, Selasa 1 September 2015 sekitar pukul 17.30 WIB.

Dua Pekerja Tewas, Proyek Hotel Swiss Bell Dihentikan

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Mohammad Iqbal menjelaskan, kronologi kebakaran tersebut dari saksi bernama Gungun (35) yang merupakan karyawan bengkel pul bus TransJakarta.
Identitas Dua Korban Tewas di Kebakaran Swiss-Belhotel


"Saat saksi dan temannya sedang memperbaiki salah satu armada, tiba-tiba saksi melihat ada kepulan asap hitam dari salah satu armada yang sudah tidak beroperasi," ujar Iqbal, Selasa 1 September 2015.


Selanjutnya, saksi bersama teman hendak melakukan pemadaman dengan alat pemadam yang tersedia di pul. Namun, karena angin saat itu kencang, api kemudian membesar.


"Melihat hal tersebut, saksi dan temannya mengurungkan niat, dan selanjutnya kejadian tersebut langsung dilaporkan kepada pihak berwajib," jelasnya.


Dalam kondisi tersebut, kata Iqbal, seluruh karyawan yang berada di sekitarnya segera menyelamatkan diri, karena api cepat besar dan menyambar armada lain.


"Sempat terjadi ledakan, karena armada yang tidak beroperasi tersebut di dalamnya masih terdapat gas di dalam tangkinya," kata Iqbal.


Beberapa kali ledakan sempat membuat beberapa
sparepart
bus terlempar hingga puluhan meter. Selanjutnya petugas damkar datang dan melakukan pemadaman.


Jumlah keseluruhan armada yang ada di dalam pul saat terjadi kebakaran adalah sebanyak 38 armada, terdiri 28 armada rusak berat dan 10 dalam perbaikan.


"Jumlah armada yang terbakar sekitar 20 armada. Untuk jumlah kerugian belum dapat ditaksir dan tak ada korban jiwa dalam kebakaran ini," kata Iqbal.


Untuk jumlah pemadam kebakaran yang diturunkan dalam kebakaran ini sebanyak 30 unit pemadam kebakaran. (ase)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya