Antisipasi Demo Buruh, PT KAI Terapkan Berhenti Luar Biasa

Stasiun Gambir
Sumber :
  • VIVAnews/Ananda Putri Laras

VIVA.co.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta bakal memberlakukan berhenti luar biasa (BLB) terkait adanya demo puluhan ribu buruh yang digelar hari ini, Selasa 1 September 2015.

Unik, Jembatan Rel Kereta Ini Hanya Ada di Australia

BLB rencananya akan dilakukan di Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur khusus bagi kereta api yang berangkat atau tiba di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. BLB dilakukan mulai pukul 08.00-13.00 WIB.

"‎Untuk memperlancar dan mempermudah akses pengguna jasa menggunakan KA keberangkatan dari Stasiun Gambir," kata ‎Kepala Humas PT KAI Daop 1 Bambang S Prayitno dalam keterangan persnya hari ini.

Menurut Bambang, kebijakan itu dilakukan untuk memberikan pelayanan maksimal bagi pengguna KA melalui Stasiun Gambir. Sebab, dikhawatirkan calon penumpang yang hendak berangkat ke Stasiun Gambir akan terganggu akibat pengalihan arus lalu lintas sebagai imbas adanya demo buruh yang diperkirakan long march dari Bundaran HI hingga Istana Negara.

"Pengguna jasa bisa naik KA dari Stasiun Jatinegara, karena dikhawatirkan terjadi kemacetan dan pengalihan arus lalu lintas di seputaran Stasiun Gambir," ujar Bambang.

Meski begitu, Stasiun Gambir tetap beroperasi seperti biasa. Keberangkatan dan kedatangan KA tetap ‎berjalan sesuai jadwal. PT KAI hanya menambahkan opsi Stasiun Jatinegara untuk menampung penumpang KA yang khawatir tidak bisa berangkat melalui Stasiun Gambir.

‎"Keberangkatan awal tetap dari Stasiun Gambir (sesuai jadwal). Namun calon penumpang KA dapat naik dari Stasiun Jatinegara khusus hari Selasa 1 September pukul 08.00 hingga 13.00 WIB," jelasnya.

Adapun daftar kereta api yang akan berangkat dari Stasiun Gambir yang menjadi sasaran berhenti luar biasa di Stasiun Jatinegara yakni, KA Argo Dwipangga, KA Argo Parahyangan, KA Taksaka, KA Argo Jati, KA Argo Bromo Anggrek, KA Cirebon Ekspres, dan KA Tegal Bahari. (ase)

Stasiun Gambir

Penumpang Kereta Luar Kota Bisa Berangkat dari Jatinegara

Ada delapan kereta eksekutif.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016