Warga Kampung Pulo Berdesakan Tinggal di Rumah Susun

Pindahan Warga Kampung Pulo ke Rusun Jatinegara
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Permasalahan relokasi warga Kampung Pulo ke rumah susun sewa sederhana (rusunawa) Jatinegara Barat masih ditemui. Kapasitas rusunawa itu tampak tidak cukup menampung calon penghuni dari Kampung Pulo.

Bekas Warga Kampung Pulo: Ahok Memiskinkan Rakyat

Rusunawa itu hanya tersedia 519 unit. Padahal, jumlah masyarakat yang tergusur dari Kampung Pulo mencapai 925 kelompok keluarga (KK).

Lurah Kampung Melayu, Bambang Pangestu, mengungkapkan ada 162 unit di Rusunawa Jatinegara yang masing-masingnya ditempati lebih dari satu KK.

"Untuk sementara ada 162 unit yang ditempati lebih dari satu KK," kata Bambang kepada wartawan Senin 31 Agustus 2015.

Hingga saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum memastikan nasib warga yang tinggal bersama di rumah susun (rusun) Jatinegara. Saat ini proses pendataan warga masih terus dilakukan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rusun Wilayah 3, Sayid Ali mengatakan, belum memastikan kapan warga yang menempati unit lebih dari satu KK akan direlokasi ke rusun lainnya.

Pihaknya kini masih menunggu warga Kampung Pulo yang belum pindah ke rusun yang disediakan. Saat ini, dari 518 unit yang tersedia, baru 453 unit yang sudah ditempati warga.

"Pendataan (warga yang menempati unit lebih dari satu KK) lagi berjalan. Cuma belum dipastikan kapan (direlokasi). Sementara ini hitungannya masih per peta bidang atau rumah bukan per KK. Sementara masih ada warga yang belum menempati rusun," kata Sayid

Seperti diketahui, pemukiman padat penduduk di kampung pulo tepatnya di bantaran kali ciliwung, telah di tertibkan Pemprov DKI untuk keperluan Normalisasi Kali ciliwung. Sebagian rumah yang di tertibkan dihuni oleh lebih dari satu KK.

Bambang menambahkan, agar seluruh warga Kampung Pulo dapat tertampung di hunian yang layak, sebagian warga yang tak tertampung di Rusunawa Jatinegara Barat terpaksa dipindahkan ke sejumlah rusun lain. (ren)

Ahok Ditantang Datang ke Rusunawa Jatinegara Barat
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Thahaja Purnama (Ahok)

Salahnya Jakarta Cuma Satu, Gubernurnya Bernama Ahok

"Jadi memang sudahlah, kadang-kadang ini salahnya Jakarta"

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016