Ini Isi Bom yang Ditemukan di Kalimalang

bom di Kalimalang yang dijinakkan tim Gegana Polda Metro
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anwar Sadat

VIVA.co.id - Penemuan benda diduga bom rakitan di Jalan Inspeksi Tarum Barat, Kalimalang, Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makassar, JakartaTimur, sempat membuat geger masyarakat sekitar, Sabtu 29 Agustus 2015 sekitar pukul 09.10 WIB.

Bom Brussels, Belgia Abaikan Peringatan Turki

Saat ini, sisa rangkaian bom dalam proses pemeriksaan tim Gegana Polda Metro Jaya. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Mohammad Iqbal, mengatakan, bom tersebut sudah diledakkan oleh tim gegana Polda Metro Jaya di tempat kejadian perkara (TKP), sekitar pukul 11.10 WIB.

Dari sisa ledakan benda tersebut, dilakukan pemeriksaan sementara, dengan hasil benda tersebut sudah dipastikan bom rakitan.

Inikah Otak Pelaku Pemboman Belgia?

"Bom tersebut terdiri dari baterai, lilitan kabel, pipa paralon, dan komponen utama tabung, berupa besi berdiameter 5 sentimeter, panjang 10 sentimeter," ujar Iqbal kepada VIVA.co.id, Sabtu 29 Agustus 2015.

Bom tersebut, kata Iqbal, ditemukan di dasar kali, dengan kedalaman kurang lebih 50-80 sentimeter.

Ledakan di Stasiun Belgia Berasal dari Depan Kereta

"Bom tersebut ditemukan seorang saksi bernama Hasan (37), pada saat ia bersama dua orang teman lainnya membersihkan kali, yang akan digunakan untuk kegiatan panjat pinang pada hari Minggu 30 Agustus 2015," jelas Iqbal.

Saksi, kata Iqbal, pada saat itu sedang membersihkan dasar kali dari benda keras maupun pecahan beling di lokasi.

"Pada saat membersihkan, saksi menemukan benda yang diduga bom, terbungkus plastik warna hitam. Karena saksi curiga dengan benda tersebut, maka saksi lain bernama Bondan, yang merupakan anggota Polri, menghubungi piket Siaga Polda Metro Jaya, dan diterima oleh Brigadir Sawal," tambahnya.

Untuk tindakan selanjutnya, polisi sudah mengamankan TKP, memasang garis polisi, membuat laporan polisi, dan memeriksa beberapa saksi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya