Ini Isi Rekaman Drone yang Jatuh dari Menara BCA

Ilustrasi drone
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Kepala unit Reserse Kriminal Polsek Metro Menteng Ajun Komisaris Ridwan R Soplanit mengatakan, drone yang jatuh dari menara BCA di kawasan Thamrin sudah diperiksa.

Drone tersebut diketahui memiliki kamera untuk merekam. Setelah diperiksa, tidak ada gambar yang mencurigakan. Drone tersebut diketahui dimiliki oleh karyawan salah satu kantor di daerah tersebut berinisial OX.

"Isinya sebenarnya hanya memfilmkan gedung- gedung yang ada di kawasan tersebut. Dari pemeriksaan sementara, kegiatan OX ini tidak menimbulkan kerugian materi, jadi belum bisa dibilang tindak pidana," ujar Ridwan sat dihubungi VIVA.co.id, Rabu, 5 Agustus 2015.

Ridwan menjelaskan, di kawasan Menteng memang banyak yang memilik pesawat tanpa awak tersebut. Ini terlihat saat ajang Car Free Day (CFD). Namun, dia mengingatkan jika pemilik jangan menyalahgunakan drone itu.

"Seseorang boleh saja menerbangkannya, hanya saja harus dilihat, itu tidak boleh melanggar dalam aturan Permenhub No. 90 Tahun 2015 Tentang Peraturan Penggunaan Drone," katanya menambahkan.

Siap-siap, Drone Bakal Makin Murah

Drone adalah pesawat nir awak atau pesawat tanpa awak. Operasional pesawat drone dikendalikan dari jarak jauh. Seiring dengan perkembangan zaman, fungsi drone semakin sering digunakan dalam berbagai keperluan, tak hanya untuk operasi militer.

(mus)

Polisi Kembalikan Drone yang Jatuh di Menara BCA
Drone Fleye

VIDEO: Drone Ini Diklaim Paling Aman di Dunia

Drone ini dinamankan Fleye.

img_title
VIVA.co.id
5 Desember 2015