Bocah yang Dikabarkan Hilang, Pulang Selamat

Orangtua Saputra, bocah yang sudah hilang satu pekan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zahrul Darmawan

VIVA.co.id - Saputra Budi Kuncoro, bocah 3,5 tahun, yang sempat dikabarkan menghilang tanpa kabar ditemukan pulang ke kontrakannya di Gang Al Amin, Rt 6/3 No 45, Tapos Depok. Saputra pulang dalam kondisi selamat.

Cara Aparat di Depok Jaga Keamanan Saat Demo 4 November

Kecurigaan keluarga bermula saat bocah yang akrab disapa Ciput itu hilang lantaran dibawa Yanti, tetangga kontrakan. Bocah tersebut diantarkan Yanti setelah Sabtu kemarin, orangtua korban melapor ke polisi.

Di hadapan kedua orangtua, warga dan sejumlah awak media, Yanti mengaku mengajak Ciput keliling Kota Jakarta, salah satunya ke Pulogodung. Yanti beralasan sayang dengan Ciput dan merasa sudah seperti anak sendiri.

Srikandi, Satgas Pemburu Kejahatan pada Anak dan Perempuan

"Saya bawa ke rumah saudara pak. Saya enggak ada niat buat macem-macem. Saya sama keluarganya anak ini udah kaya saudara beneran dah," ucapnya memelas, Minggu, 2 Agustus 2015.

Meski begitu, Yanti mengakui kecerobohannya. Lagi-lagi ia pun meminta maaf karena telah membawa Ciput tanpa sepengetahuan kedua orangtuanya.

Pria Ini Ngamuk Setelah Lihat Istri Bermesraan

"Saya sih yang penting anak saya sudah kembali, utuh enggak ada apa-apaan. Jangan diulangi bu. Saya tadi khawatir banget, ya, namanya anak enggak pulang hampir seminggu. Takutnya diapa-apain," kata Sahriono, ayah korban.

Ciput Diculik?


Kembalinya Ciput kepangkuan kedua orangtuanya sempat disaksikan langsung oleh Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait. Di hadapan kedua orangtua Saputra, Arist mengingatkan agar masyarakat waspada sekalipun dengan orang yang sudah akrab mereka kenal.

"Ini satu peringatan lagi untuk warga Depok dan kita semua. Ini, kan, tetangga. Dan memang kejahatan terhadap anak itu selalu dilakukan orang terdekat," ucapnya.

Terkait pengaduan yang sudah disampaikan orangtua Saputra, Arist berharap agar kasus itu tidak otomatis berhenti meski Ciput telah kembali.

"Ini harus diperiksa. Laporan polisinya harus tetap jalan, meski alasannya enggak punya anak mencintai dan sebagainya. Ini sudah lima hari loh, ya, dibawa tanpa kabar. Kita harus kembangkan sekalipun sudah kembali. Bisa saja dia itu bagian dari sindikat. Keluarga di sini juga harus ikut mengawasi."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya