Ahok: Tinggal di Rumah Sempit Jadi Penyebab Utama Tawuran

Ahok Penuhi Panggilan Bareskrim Terkait Kasus UPS
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menilai, maraknya tawuran di Jakarta karena anak-anak dan pemuda, di saat seharusnya beristirahat di rumah, sering diminta berada di luar rumah oleh orangtuanya.

Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo

Ahok mengatakan, para pemuda yang gemar melakukan tawuran, biasanya tinggal di kawasan kumuh yang padat penduduk. Rumah mereka begitu sempit. Para pemuda, dipaksa berada di luar rumah karena orangtua mereka hendak bersenggama di dalam rumah.

"Itu hasil kajian. Mereka tinggal di RSSSSSS, Rumah Sangat Sangat Sederhana Sampai Susah Senggama," ujarnya di markas Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu, 29 Juli 2015.

Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan

Para pemuda tak memiliki aktivitas berguna untuk dilakukan di luar rumah sehingga mereka memilih mencari keributan, kemudian berkelahi dengan para pemuda serupa yang biasanya berasal dari wilayah yang berbeda.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi DKI akan terus melakukan pembangunan rumah-rumah susun di seluruh wilayah Jakarta. Keberadaan rumah susun, selain dinilai sebagai solusi untuk menghilangkan kawasan kumuh di Jakarta, juga diharapkan bisa menyediakan tempat relokasi yang layak dari tempat hunian warga sebelumnya yang berada di kawasan kumuh dan ilegal seperti bantaran sungai atau kolong jembatan.

Massa Demo dari Bekasi dan Tangerang Mulai Berdatangan

"Minimal unit rumah susunnya ada 2 kamar. Kalau enggak ada, nanti emak bapaknya bakalan bilang lagi 'Kamu jangan pulang dulu'," ujar Ahok menambahkan.

Pemerintah Provinsi DKI berencana menambah sebanyak 2.543 unit rumah susun di seluruh wilayah Jakarta pada tahun ini. BUMD milik DKI, PT. Jakarta Propertindo, ditunjuk oleh Dinas Perumahan dan Gedung Pemda untuk melakukan pembangunan. Sebanyak 21 tower rusun tersebut rencananya akan diresmikan groundbreaking-nya pada Agustus mendatang.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya