Djarot Perintahkan Ledakan Rusunawa Pakai Dinamit

Rusun Tambora Angke Diresmikan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat menginstruksikan untuk 'meledakan' rusunawa-rusunawa yang dinilai telah bobrok dan sudah tidak layak huni lagi.

Pemprov DKI Batal Bangun 5 Menara Rusun Baru

Djarot mengatakan, akan lebih baik jika para penghuni rusunawa tersebut dipindahkan agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat melakukan pembangunan ulang gedung rusunawa.

“Misalnya rumah susun di Karang Anyar, Jakarta Barat, kemarin saya ke sana sudah padat sekali. Kondisi gedungnya sudah jelek sekali, malah berbahaya untuk warga yang tinggal di sana. Persoalannya sekarang kalau mau kita revitalisasi kan harus dibangun ulang, dirobohkan tetapi alat berat susah untuk masuk ke sana, nah diledakkan saja seperti di luar negeri memakai dinamit jadi lebih cepat,” ujar Djarot, Rabu 29 Juli 2015 di Balai Kota, Jakarta Pusat.

Djarot mengatakan, pihaknya mau agar semua rusunawa yang sudah tidak layak segera digantikan dengan rusunawa yang lebih baru dan layak ditinggali oleh warga DKI Jakarta. Pasalnya masih banyak ditemukan rusunawa yang telah berumur puluhan tahun dan tidak pernah direvitalisasi tetapi masih difungsikan sebagai hunian bagi warga.

“Rusunawa yang hanya empat sampai enam lantai lebih baik dirubuhkan saja, kami akan bangun kembali dari nol. Karena percuma saja direnovasi, itu tidak akan memecahkan masalah,” katanya.

Rekanan Ahok itu melanjutkan, dalam waktu dekat dinas terkait akan segera mensosialisasikan rencana tersebut kepada setiap warga dari rusun yang telah ‘diincar’. Nantinya, para penghuni akan diminta untuk pindah dan mengontrak sementara di tempat pilihan masing-masing ataupun direlokasi ke rusunawa yang masih kosong.

“Ada tiga tower kalau tidak salah yang di rusunawa Karang Anyar, nanti akan kita sosialisasikan. Itu (perubahan dengan dinamit) lebih efektif dan cepat. Penghuninya dipindahkan dulu agar mereka mengontrak ke rusunawa lain yang kosong,” kata Djarot.

Wagub Djarot

Pendaftaran Masih Lama, PDIP Belum Pikirkan Cagub DKI

Sampai saat ini PDIP belum memutuskan siapa calon gubernurnya.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016