Situ Babakan Bakal Diubah Jadi Pasar Apung

Anjing Pelacak atau Penyelamat
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVA.co.id
Pengganti Ahok Minta Demonstran Tak Terprovokasi
- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun pasar apung atau
floating market
Rusun Cup, Cara DKI Memanusiakan Mantan Pemukim Ilegal
di kawasan wisata Situ Babakan, Jakarta Selatan. Pembangunan dan pengelolaan pasar di atas air tersebut akan dilakukan bekerja sama dengan pihak swasta layaknya pada lokasi binaan (lokbin) Lenggang Jakarta.
Alasan Lelang Proyek Anak Buah Ahok Selalu Gagal

Kepala Bidang UKM, Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta, Sri Indrastuti, mengatakan, konsep penataan pedagang kaki lima (PKL) di Situ Babakan dibuat sama dengan Lenggang Jakarta. Hanya saja, aktivitas jual beli juga akan dilakukan di atas air dengan menggunakan perahu.‎


"Jadi pada Jumat lalu, saya bersama Bu Sylvi (Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Kebudayaan DKI, Sylviana Murni) dan rombongan, studi banding ke Pasar Apung atau
floating market
Situ Lembang Bandung. Kami rencananya mau mengadopsi konsep itu untuk penataan PKL di Situ Babakan," kata Sri, Rabu 29 Juli 2015 di Balai Kota, Jakarta Pusat.


Sri menjelaskan, pihaknya bersama dengan seluruh dinas terkait akan mendatangi Situ Babakan dan mempelajari serta melihat lokasi rencana pembangunan pasar apung.


“Masing-masing dinas terkait diminta Pak Gubernur (Basuki Tjahaja Purnama/Ahok) untuk mempelajari konsep
floating market
, misalnya BPKAD (Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah) soal kontrak kerja sama. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan tentang pengembangan wisatanya," ujarnya.


Lebih lanjut, ia menjelaskan, pada Senin lalu, pengelola
floating market
Situ Lembang telah mengunjungi Situ Babakan dan kemudian akan dilanjutkan dengan melakukan paparan di hadapan Gubernur Ahok.


"Jadi, mereka tinggal paparan ke Pak Gubernur saat rapat pimpinan (rapim). Di dalam rapim nanti akan dilihat apakah mereka itu sangggup buat
floating market
di Situ Babakan," kata Sri. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya