Cara Polisi Cegah Pelonco Saat MOS

Polisi isi kegiatan MOS
Sumber :
  • Istimewa
VIVA.co.id
Kabur saat Disidang, Napi Narkoba Ditangkap di Rumah Istri
- Kapolsek Metro Kebon Jeruk, Ajun Komisaris Polisi Eka Baasith memantau semua sekolah yang melaksanakan masa orientasi sekolah (MOS). Kunjungan ini dilakukan untuk memastikan tidak ada kegiatan perpeloncoan dalam kegiatan tersebut.

Ujung Maut Masalah Pelik Polisi

Dari hasil kunjungannya ke beberapa sekolah, dipastikan tidak ada kegiatan yang melenceng itu. Bahkan, polisi terlibat di dalam MOS dengan mengisi ceramah mengenai bahaya tawuran, narkoba dan seks bebas.
Polisi Tewas Gantung Diri di Rumah Kosong


“Masa orientasi siswa atau MOS saat ini berbeda dengan yang dulu-dulu. Acaranya diisi dengan hal yang bermanfaat bukan perpeloncoan,” ujar Eka usai meninjau MOS SMK Widia Patria 2 Kebon Jeruk, Selasa, 28 Juli 2015.


Eka menjelaskan, polisi memanfaatkan acara MOS  karena siswa baru biasanya lebih mudah menerima nasihat. “Mumpung mereka baru masuk, kita bekali, tentu yang siswa lama juga kita rangkul,” ujar alumni Akpol 2004 itu.


Eka mengaku menugaskan semua perwira di bawah pimpinannya untuk berkeliling sekolah-sekolah selama MOS. “Ada dua tujuan utama, yakni mencegah perpeloncoan dan memberi arahan siswa baru supaya tidak melakukan hal-hal yang menyusahkan dirinya sendiri,” kata Eka.


Menurutnya, semua sekolah yang ada di wilayah hukumnya mengaku senang dengan terlibatnya polisi dalam MOS ini.


“Ini merupakan sinergis seperti yang diharapkan Mendikbub Pak Anies Baswedan antara sekolah dan polisi di wilayahnya bisa kompak,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya