Ungkap Sabu Setengah Triliun, Polda Metro Pecahkan Rekor

Direktur Reserse Narkoba PMJ terima penghargaan BNN
Sumber :
  • VIVA.co.id / Muhammad Iqbal

VIVA.co.id - Badan Narkotika Nasional (BBN) mengapresiasi pengungkapan sindikat jaringan narkotika Internasional jenis sabu seberat 360 kilogram pada hari Jumat, 10 Juli 2015 lalu oleh Direktorat Serse Narkoba Polda Metro Jaya.

Laporan Pencemaran Nama Baik oleh Haris Azhar Ditunda

BNN pun memberikan penghargaan kepada Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, lantaran ini merupakan rekor pengungkapan terbesar dalam sejarah Kepolisian Republik Indonesia.

Prestasi Dirnarkoba Polda Metro Jaya sebelumnya, yaitu 8 Mei 2012 mengungkap jaringan sindikat internasional jenis sabu sebanyak 220 kilogram, 29 april 2014 jenis sabu 91 kilogram, 18 Juni 2015 jenis sabu sebanyak 72,3 kilogram.

Pengungkapan terbesar narkoba jenis sabu seberat 360 kilogram jika dikonversikan ke rupiah setara dengan Rp540 miliar dan dapat menyelamatkan 1,8 juta jiwa anak bangsa atau generasi penerus bangsa dari pemakaian narkoba.

Kepala BNN Komisaris Jenderal Anang Iskandar, mengapresiasi prestasi reserse narkoba Polda Metro Jaya ini.

"Salut dengan pengungkapan yang telah dilakukan timsus Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya di bawah pimpinan Komisaris Besar Eko Daniyanto," ujar Anang di Mapolda Metro Jaya, Selasa, 28 Juli 2015.

Anang menerangkan, pengungkapan ini merupakan sejarah, karena pengungkapan terbesar dalam kepolisian khususnya Community Narkotika di Indonesia.

DPR: Kicauan Freddy Budiman Adalah Pintu Masuk

"Kita telah menyelamatkan banyak anak bangsa, masih banyak lagi tugas dan tantangan kedepan dalam memerangi narkoba sindikat lokal maupun internasional," katanya.

Kepala BNN juga mengajak aparat penegak hukum bersama-sama dengan instansi terkait dan stakeholder serta komponen anak bangsa untuk memerangi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

Sementara, Kombes Eko Daniyanto pada kesempatan yang sama mendedikasi penghargaan dari BNN ituĀ  kepada seluruh anggota dan staf Dit Narkoba Polda Metro Jaya yang bertugasĀ  siang dan malam memetakan sindikat jaringan internasional.

"Kami tidak berhenti sampai di sini dan penghargaan ini sudah barang tentu sebagai motivasi dan semangat anggota Dit Narkoba polda Metro jaya untuk terus bekerja serta mengungkap jaringan sindikat narkotika yang lebih besar lagi," ujarnya.

Penjahat narkoba

Diusulkan Tiru Filipina Perangi Narkoba, Ini Respons DPR

'Penjara kita itu mayoritas diisi terpidana narkoba.'

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016