Prajurit Kopassus Bagi-bagi Sembako di Pusat Sampah Jakarta

Prajurit Kopassus Bagi-bagi Sembako di Pusat Sampah Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dianty Winda
VIVA.co.id - Para prajurit Grup 3/Sandhi Yudha Komando Pasukan Khusus (Kopassus) menggelar bakti sosial (baksos) membagi-bagikan 200 paket sembilan bahan pokok (sembako) pada Selasa, 14 Juli 2015.
Kopassus Tak Gentar dengan Kemampuan Militer Abu Sayyaf

Namun, lokasi atau sasaran baksos itu tak lazim, yakni warga di permukiman Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat. Bantar Gebang adalah pusat penampungan sampah dari sampah-sampah di Jakarta, Bogor, Depok, dan sekitarnya. Lebih 6.500 ton sampah per hari di kawasan itu.
Kopassus: Pembebasan 10 WNI Tunggu Perintah Panglima TNI

Para penerima paket sembako adalah warga Kelurahan Cikiwul, satu dari tiga kelurahan dalam kompleks TPA. Sebagian besar dari mereka bekerja sebagai pemulung. Mata pencaharian hidup mereka bergantung pada sampah-sampah yang mereka kumpulkan untuk dijual, kemudian didaur ulang.
Kopassus Catat Rekor MURI, Kibarkan Bendera Terbesar

Menurut Komandan 33 Grup 3 Kopassus, Letnan Kolonel Infanteri Herlambang Bayu Kusuma, kegiatan itu digelar sebagai wujud kepedulian TNI kepada warga. Kopassus juga menginginkan semua lapisan masyarakat dapat merasakan kebahagiaan dan kedamaian menyambut hari raya Idul Fitri.

"Saya berharap, pembagian sembako ini jangan dilihat dari harganya, tetapi lebih kepada bagaimana upaya TNI untuk tetap menjalin hubungan silaturahmi dan kebersamaan yang baik dengan warga," kata Herlambang kepada VIVA.co.id di Bantar Gebang.

Herlambang menjelaskan, Kopassus memilih menggelar baksos di Kelurahan Cikiwul, karena sampai sekarang belum pernah ada bantuan yang diberikan untuk warga di wilayah itu. Ia pun memastikan kegiatan serupa menjadi salah satu agenda rutin Kopassus.

"Pembagian sembako hari ini memang untuk menyambut Lebaran, tapi di kesempatan lain kami masih akan menggelar kegiatan baksos seperti ini,” ujarnya.

Pemberian sembako itu disambut antusias warga setempat. Sejak truk Kopassus yang membawa sembako datang, warga sudah mulai mengantre.

Bagi Tarmin, selaku ketua Ikatan Pemulung Indonesia (IPI) koordinator wilayah Bekasi, paket sembako itu dirasa sebagai berkah menjelang Lebaran. Ia pun mengaku senang dan mengucapkan terima kasih atas kegiatan positif yang digelar Kopassus.

"Saya berterima kasih atas pemberian dari Kopassus untuk anak-anak pemulung hari ini, karena ini juga merupakan bentuk kepedulian kepada kami," kata Tarmin.

Kelurahan Cikiwul adalah salah satu wilayah yang berada di TPA Bantar Gebang, selain Kelurahan Ciketingudik dan Kelurahan Sumur Batu.

Dianty Winda/Jakarta
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya