Jumlah Pengemis di Jakarta Turun 71 Persen saat Ramadhan

Ilustrasi/Pengemis
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id –
Pengemis Berpura-pura Buntung di Bandung Ditangkap
Jumlah pengemis yang datang ke wilayah DKI Jakarta mengalami penurunan secara signifikan. Selama bulan Ramadhan tahun ini, Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta berhasil mengamankan 41 orang penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) tersebut.

Pengemis yang Bawa Bayi Gunakan Lem Aibon Sebelum Beraksi

Menurut Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta, Chaidir, penurunan yang terjadi sekitar 71 persen. Sebab, pada tahun lalu instansinya menangkap sekitar 284 pengemis.
Anak Korban Sindikat Pengemis Sudah di Rumah Aman


"Biasanya memang dua minggu terakhir Ramadhan agak meningkat. Tetapi dari prediksi 82 pengemis, paling menjadi 100 orang. Jadi, penurunan bisa diestimasikan tetap di atas 50 persen," kata Chaidir, Selasa, 7 Juli 2015.


Chaidir berpendapat, penurunan terjadi karena instansinya terus melakukan proses sosialisasi kepada masyarakat agar tidak memberikan uang kepada PMKS melalui media elektronik, cetak dan juga media sosial. Selain itu, mereka juga terus menambah penjagaan terhadap titik-titik rawan PMKS di seluruh wilayah DKI Jakarta sebanyak 32 titik.


Dia menegaskan, Dinsos akan fokus pada pengawasan dan penertiban pengemis musiman yang banyak ditemukan selama Hari Raya Idul Fitri, termasuk para 'manusia gerobak'.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya