Wajah Baru Stasiun Palmerah, Diklaim Termegah di Jakarta

Wajah Baru Stasiun Palmerah, Diklaim Termegah di Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Moh Nadlir

VIVA.co.id - Stasiun Palmerah di Jakarta Pusat diklaim sebagai stasiun termegah di Ibu Kota.

Yogya Bakal Punya Stasiun Kereta Api Bertaraf Internasional

Bangunan stasiun dua lantai itu didirikan di atas lahan seluas 2.520 meter persegi atau 2,5 kali lapangan sepakbola. Stasiun telah dioperasikan pada 6 Juni 2015 dan diresmikan hari ini, Senin 6 Juli 2015.

Renovasi Stasiun Palmerah memakan waktu kurang lebih dua tahun, yakni 2013-2014. Renovasi menelan biaya Rp36 miliar. Usai direnovasi, tampilan stasiun terlihat lebih megah, rapi, bersih dan luas dengan bangunan dua lantainya.

"Untuk zona dua, yakni ruang setelah pintu gate tiket, terluas dari seluruh zona dua yang ada di seluruh stasiun yang ada," kata Wakil Kepala Stasiun Palmerah, Mardirianto, saat ditemui VIVA.co.id.

Ia menjelaskan, kelebihan stasiun yang melayani lebih 15 ribu penumpang per hari itu dibanding stasiun lain adalah dari segi kebersihan. Stasiun Palmerah diklaim lebih bersih dan tak akan ditemui di stasiun lain di Jakarta.

"Penumpang pasti merasa nyaman dan aman berada di stasiun, karena stasiun sudah steril. Ini juga lebih megah dibanding stasiun lain, pedagang kaki lima juga steril (tak ada pedagang kaki lima masuk ke stasiun)," ujar Mardirianto.

Hanya sejumlah catatan bagi pengelola stasiun yang bisa menjadi masukan adalah seperti tempat parkir mobil, minimarket dan tempat duduk tunggu penumpang yang terlihat belum disediakan.

"Kalau parkiran memang baru parkiran motor, (tempat parkir) mobil belum. Kalau minimarket, nanti akan disamakan seperti stasiun yang lain, begitu juga dengan tempat duduk tunggu penumpang, nanti akan disediakan ke depannya," tuturnya.

Fasilitas lain yakni, 13 pintu masuk elektronik berjajar disediakan untuk mengantisipasi antrean penumpang. Di sisi luar gate, tampak dua jembatan penyeberangan orang. Satu ke arah Jalan Tentara Pelajar menuju Slipi dan satu lagi menuju Patal Senayan.

Empat tangga eskalator untuk turun dan naik penumpang ke peron juga telah dioperasikan. Bagi wanita hamil, kalangan lanjut usia, dan kaum disabilitas juga telah disediakan lift untuk mempermudah akses mereka. (ase)

Menteri Transportasi Belgia, Jacqueline Galant

Menteri Transportasi Belgia Resmi Undur Diri

Dianggap bertanggungjawab atas tragedi dua serangan bom di Brussels.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2016