Seribu Orang Bersepeda Malam di Lentera Ramadhan 2105

Doa Bersama Warga Syiah Sampang
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Ratusan Pegawai Negeri Sipil (PNS) DKI Jakarta bersama ratusan masyarakat ramai-ramai mendatangi kantor Wali Kota Jakarta Selatan, di Kebayoran Baru, Jakarta, Sabtu malam, 4 Juli 2015.

70 Tim Balap Sepeda Bersaing di Tour de Bintan

Mereka datang dengan mengendarai berbagai macam sepeda yang sudah diberikan pernak pernik sedemikan rupa. Mulai dari sepeda ontel sampai sepeda gunung terjajar rapi di halaman kantor Wali Kota Jakarta Selatan.

Diketahui, para pesepeda yang kebanyakan dari pegawai sekolah dan para guru serta masyarakat ini, rela mengayuh sepeda dari rumahnya masing-masing untuk mengikuti acara Lentera Ramadhan 2015.

Bolehkah Ibu Hamil Bersepeda?

Acara yang digagas Komite Sepeda Indonesia (KSI) dan Pemkot Jakarta Selatan ini mengajak masyarakat untuk mengayuh sepeda dengan jarak sekitar 10 kilometer. Dari kantor Wali Kota Jakarta Selatan menuju Bundaran Hotel Indonesia dan kembali ke kantor Wali Kota Jakarta Selatan.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat bersama jajaran Pemprov DKI Jakarta. Menurut Djarot, kegiatan ini merupakan momentum agar masyarakat bisa lebih sehat, terutama saat menjalani bulan Ramadhan. Selain membuka acara, Djarot juga mengaku akan turut serta dalam kegiatan ini.

Ini Syarat Jika Pemerintah Ingin Target Inflasi Tercapai

"Saya naik (sepeda), dan ikut (konvoi), karena apapun yang penting bisa jalan," kata Djarot di tengah-tengah acara.

Menurut dia, acara konvoi sepeda ini, diikuti tidak kurang dari 1.000 peserta. Hal ini, bisa sangat bermanfaat, apalagi jika transportasi umum di Jaka‎rta sudah semakin baik, maka sangat diperlukan membangun jalur sepeda untuk memfasilitasi para pesepeda.

"Menaiki sepeda bisa membuat Jakarta menjadi kota yang manusiawi. Kalau perlu ke kantor ke sekolah naik sepeda itu akan lebih sehat," ujarnya menambahkan.

Ia menilai, bersepeda pada malam hari bisa membuat masyarakat lebih aman karena setiap warga saling berinteraksi.

Sementara itu, terkait keamanan di Jakarta pada bulan Ramadhan, dia menilai kondisi Ibu Kota relatif lebih aman dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Saya bersyukur relatif kondisi Jakarta aman, sahur on the road sudah tidak banyak lagi, tawuran sudah mulai tidak banyak lagi, jadi warga bisa melaksanakan kegiatan ibadah dengan aman."

Acara Lentera Ramadhan 2015 ini, rencananya akan berlanjut hingga waktu sahur. Para peserta juga membagi-bagikan santunan untuk dhuafa dan memperbaiki enam mushola serta masjid.

Randi Ahmad Hidayat, salah satu peserta acara ini mengaku sangat senang, karena dia bisa mengajak istri beserta anaknya. Tak hanya itu, dia juga bisa bertemu teman-teman sejawatnya di waktu santai, tidak hanya di waktu kerja saja.

"Lumayan (capek), tapi senang, badan sehat, bisa ketemu teman-teman, ngobrol-ngobrol, bisa saling berbagi juga sama masyarakat lain," kata guru SD ini.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya