Ikut Terbakar, Halte Salemba Ditutup Sementara

Busway yang terbakar di halte UI Salemba
Sumber :
  • istimewa

VIVA.co.id - Akibat terbakarnya bus TransJakarta jurusan Ancol-Kampung Melayu di depan Halte Salemba Universitas Indonesia, ternyata juga turut menyambar halte bus sehingga sebagian besar halte rusak. Dari pantauan VIVA.co.id, di lokasi, diduga hampir 50 persen Halte Salemba UI mengalami kerusakan.

Final Piala Bhayangkara, TransJakarta Siapkan 60 Bus Gandeng

Bagian halte dari sisi luar, terutama yang berada di dekat bus terlihat hangus. Teralis di bagian atap haltepun terlepas hingga ada yang copot, namun juga ada yang masih menggantung. Satu pintu geser lepas, tapi sisanya masih utuh dan tetap bisa berfungsi dengan normal.

Di dalam halte, terlihat abu sisa kebakaran menutupi sebagian lantai dan barang. Kabel-kabelpun terlihat menjuntai dari langit-langit halte yang beberapa instalasinya terbuka. Pecahan kaca masih terlihat di lantai-lantai yang basah.

Kaca-kaca yang terpasang di dinding halte memang sebagian pecah akibat api yang menyambar. Tampak tempat sampah pun penyok dan compang-camping terkena sambaran api.

Pada saat kejadian, TV layar datar pengumuman rute yang ada di halte terlempar dari penyangganya akibat ledakan. Sebagian besar ventilasi sudah tidak berbentuk dan gosong.

Meterial-material halte yang rusak kini ditumpuk di sisi halte yang tidak terkena dampak dari terbakarnya bus TransJ jenis komodo itu. Di tumpukan terlihat besi-besi, instlasi, pintu kaca, dan beberapa material lainnya.

Halte Salemba UI sendiri untuk saat ini ditutup sementara. Di atas jembatan penyebrangan yang menuju ke halte terpasang tali dengan pengumuman penutupan halte.

Petugas tiket sudah tidak berada di lokasi halte. Di bagian pintu masuk halte, setengah rolling door terlihat menutup. Meja pun menghalangi jalur masuk penumpang dari arah jembatan penyebrangan.

Sampai saat ini, bus yang terbakar masih berada di lokasi. Petugas belum berhasil mengevakuasi dan masih berusaha menemukan cara untuk membawa bus yang habis terbakar itu dengan mobil derek. Bus hanya tersisa rangka saja.

 Bus Transjakarta

Imbas Demo 4 November, TransJakarta Perpendek Rute

Banyak yang berharap demo ini berjalan damai.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016