Ahok: Bus TransJakarta Lama Akan Terus Terbakar

Kebakaran bus dan halte TransJakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id / Arfi
VIVA.co.id -
Imbas Demo 4 November, TransJakarta Perpendek Rute
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyebut bus-bus TransJakarta akan terus mengalami insiden terbakar. Ini jika PT Transportasi Jakarta selaku BUMD milik Pemerintah Provinsi DKI yang bertanggung jawab atas pengelolaan moda transportasi itu terus mengandalkan bus-bus hasil pengadaan lama yang seluruhnya dimiliki oleh operator untuk melayani para penumpang di seluruh koridor.

Final Piala Bhayangkara, TransJakarta Siapkan 60 Bus Gandeng

"Saya bilang kalau
Halte TransJakarta Dukuh Atas Arah Blok M Ditutup Sementara
dibiarin , semua bus-bus lama ini akan terbakar terus," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat, 3 Juli 2015.


Ahok mengatakan para operator itu telah melakukan pengadaan bus dengan kualitas yang tidak terjamin. Akibatnya, bus-bus TransJakarta yang dimiliki operator sering mengalami insiden terbakar meski baru dioperasikan selama 1 atau 2 tahun.


Hal itu pulalah, lanjut Ahok, yang menyebabkan hanya sekitar 200 unit bus TransJakarta yang masih bisa dinyatakan layak untuk beroperasi dari total lebih dari 800 unit bus TransJakarta yang saat ini beroperasi.


Maka dari itu, Ahok mengatakan sejak awal tahun 2015, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk mengalihkan pengelolaan moda transportasi itu ke BUMD PT. Transportasi Jakarta. PT. Transportasi Jakarta, kemudian membuat perjanjian kontrak yang lebih kuat dengan para operator dari perjanjian yang sebelumnya dibuat oleh Badan Layanan Umum (BLU) TransJakarta.


Perjanjian itu, bila telah dapat diterapkan di seluruh operator, mengatur setiap operator memiliki kewajiban servis bus, serta melakukan pengadaan bus dengan spesifikasi teknis sesuai dengan SPM yang diterapkan.


"Kita enggak mau lagi produk-produk bus seperti itu," ujar Ahok.


Sebelumnya, sebuah bus TransJakarta terbakar di halte Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Jumat, 3 Juli 2015. Tak hanya bus, api juga turut membakar halte.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya