Ini Lokasi Penjualan Tahu Goreng Berformalin

Uji lab menunjukan tahu mengandung formalin
Sumber :
  • VIVA.co.id / Muhammad Iqbal

VIVA.co.id - Suku Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan Jakarta Barat bekerja sama dengan Tim Kriminal Khusus Polres Jakarta Barat menyita tahu goreng berformalin yang beredar di Pasar Cengkareng.

Usus Berformalin, Toko Kimia Diminta Selektif ke Pembeli

Tak hanya menyita, tim gabungan ini juga menelusuri pabrik pembuat tahu di Jalan Gondrong, Semanan, Kalideres, Jakarta Barat, Kamis malam, 2 Juli 2015.

“Sampel yang ditemukan di pabrik negatif. Namun, barang bukti yang ditemukan di Pasar Cengkareng sudah dibawa ke Polres Jakarta Barat,” ujar Kepala Bidang Ketahanan Pangan Sudin KPKP, Sri Riana Hanim.

Menurut Hanim, operasi hari itu hanya mendapatkan satu pedagang tahu yang menggunakan bahan makanan berformalin. Sebelumnya, operasi yang sama di Pasar Grogol, juga menemukan pedagang tahu berformalin.

Kasus Usus Berformalin, Polisi Minta Warga Tak Khawatir

Adapun di pasar takjil Jalan Panjang, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) DKI Jakarta juga mendapati penggunaan bahan pangan berbahaya yaitu Rodhamin B dan formalin.

Rodhamin B ditemukan pada es merah delima dan kolak pacar cina. Adapun formalin ditemukan dalam mi kuning yang digunakan sebagai campuran asinan Betawi.

“Kami akan terus menggalakkan razia. Razia tidak hanya ke pedagang tetapi juga menelusuri hingga ke pabriknya. Kalau memang terbukti akan diproses secara hukum,” ujarnya.

Waspada, Usus Berformalin Beredar di Jakarta
Polda Metro Jaya ungkap kasus usus berformalin

Kenali Ciri-ciri Makanan Berformalin

Ayam berformalin banyak beredar di Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2016