Pemprov DKI Tidak Siapkan Kendaraan Gratis bagi Pemudik

Suasana arus Mudik H-2
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
Masa Lebaran 2015, Jumlah Kecelakaan Turun 21 Persen
- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan tidak akan menyiapkan fasilitas kendaraan gratis bagi para pemudik warga ibu kota pada Hari Raya Idul Fitri 1463 H.

Mudik 2015, Pengguna Angkutan Jalan Turun 10 Persen

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, memaparkan, meski pemprov tidak menyediakan fasilitas kendaraan, pemudik Jakarta bisa memanfaatkan fasilitas mudik gratis yang diselenggarakan swasta.
Mobil Pemudik Terbalik Masuk Tambak


"DKI tidak sediakan, itu sudah banyak sekali CSR (
Corporate Social Responsibility
) yang berikan pelayanan mudik gratis
kok
," ujar Djarot, Selasa 30 Juni 2015 di Balai Kota, Jakarta Pusat.


Kendati demikian, Djarot menjelaskan, Pemprov DKI akan dan tengah mempersiapkan kebutuhan mudik di sektor lainnya seperti pengadaan posko kesehatan dan keamanan. Selain itu, Pemprov DKI menyiapkan infrastruktur setiap terminal ataupun stasiun yang dijadikan lokasi keberangkatan dan kedatangan arus mudik.


"Kami siapkan hal lainnya seperti posko kesehatan, posko keamanan, dan penyiapan infrastrukturnya. Selain itu, kami akan mengadakan tes kesehatan terhadap setiap pengemudi bus yang akan membawa penumpang pulang ke kampung halaman masing-masing," kata Djarot.


Pemprov DKI menegaskan bahwa setiap sopir bus harus lolos dari serangkaian tes dan juga pemeriksaan kesehatan yang diberikan. Mulai dari cek tekanan darah, gula darah, tes urine, dan juga sederet tes lainnya. Hal yang sama juga berlaku bagi setiap pengemudi bus yang disiapkan oleh CSR swasta.


"Kami sudah siapkan biayanya di APBD 2015 untuk 1.500 pengemudi yang tersebar di 20 terminal. Saya minta semua harus dites sopirnya, supaya penumpang bisa pulang dengan aman," kata Djarot. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya