4.800 CCTV Baru Siap Mata-matai Aktivitas Jakarta

Kamera CCTV berderet di sebuah jalan di Shanghai, China
Sumber :
  • Daily Mail

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menerima 4.800 unit CCTV untuk memantau seluruh wilayah ibu kota. CCTV tersebut untuk mendukung program Jakarta sebagai Smart City.

“CCTV ini bisa mleihat seluruhnya, bahkan sampai melirik dengan jelas pelat mobil. Gambarnya sangat tajam,” ujar Ahok, sapaan Basuki.

Namun demikian, ia belum bisa memastikan apakah semua CCTV tersebut dapat terpasang secara total atau tidak pada tahun ini, mengingat jumlahnya yang sangat banyak. Ahok menargetkan, hingga penghujung tahun 2015 nanti, sekitar 2.000 CCTV sudah terpasang.

Sebagai bukti, ia pun menunjukkan hasil dari CCTV yang sudah terpasang dalam aplikasi Jakarta Smart City yang ada pada smart phone miliknya. Dari hasil yang diperlihatkan, benar bahwa CCTV yang telah dipasang mampu menjangkau item dari jarak jauh dengan hasil yang jernih.

“Pelat mobil dan sampah yang ada di sungai juga bisa terlihat. Semua orang bisa mengecek sendiri,” jelas Ahok.

Mantan Bupati Belitung tersebut juga menginstruksikan kepada Kapolda Metro Jaya untuk memberikan laporan kepada pihaknya mengenai titik-titik mana saja yang dirasa perlu pemasangan CCTV untuk pengawasan lebih lanjut.

Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan

Dengan demikian, polisi dan petugas lainnya tidak perlu memerlukan banyak waktu untuk patroli memantau keadaan.

Posko logistik demo 4 November

Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo

Ada empat posko yang disiapkan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016