Rumah Ahok Selalu Diijaga Ketat Personel Brimob

Brimob Gelar Apel Kesiapan Pasukan Pengamanan KAA
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Penertiban rumah liar di kawasan perbatasan Taman Sari dan Pademangan yang dilakukan Pemda DKI menimbulkan protes yang ditujukan kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Warga yang tidak terima penertiban tersebut dengan mendatangi kompleks rumah Mantan Bupati Belitung di Perumahan Pantai Mutiara, Penjaringan, Jakarta Utara, pada Selasa malam, 26 Mei 2015.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Muhammad Iqbal saat dikonfirmasi VIVA.co.id, membenarkan kejadian tersebut. Namun, ia menjelaskan protes warga tersebut itu tidak diwarnai keributan.

"Tidak sampai ada keributan. Massa bahkan tidak sempat masuk ke depan rumah, ditahan di pintu pagar kompleks," kata Iqbal, Rabu 27 Mei 2015.

Iqbal melanjutkan, pada saat warga datang, Wakapolsek dan sekitar 40 orang anggota Polsek sekitar sudah ada di lokasi. Sebagian berada di depan gerbang masuk perumahan untuk menahan warga.

Selanjutnya, warga diterima oleh Camat Penjaringan untuk dimintai keterangan mengenai tujuan mereka mendatangi rumah Ahok tersebut.

"Kejadian itu sekitar pukul 22.00 WIB, sudah malam, massa diminta oleh Kabag Ops (Kepala Bagian Operasional) Polres Jakarta Utara untuk bubar," kata Iqbal.

Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan

Dijaga Brimob

Sementara itu, kata Iqbal, sebanyak 10 anggota Brimob dan anggota Polsek sekitar memang setiap hari berjaga-jaga di sekitar rumah Ahok. Hal ini dilakukan karena mantan Bupati Belitung itu merupakan pejabat negara yang memang dalam ketentuannya harus mendapatkan penjagaan ekstra.

"Setiap hari ada 10 anggota Brimob dan sejumlah anggota polsek yang menjaga dan mengamankan rumah Ahok," ujar Iqbal.

Menurut Iqbal, pengamanan kediaman gubernur merupakan kewajiban yang ditugaskan kepada polisi. "Gubernur itu kan VIP dan termasuk pejabat negara, jadi harus ada pengamanan di sekitar rumahnya, karena ada SOP-nya," ujar Iqbal.

Tugas polisi yang berjaga di sekitar rumah gubernur adalah untuk menjaga keamanan dan ketertiban di sekitar rumah. Misalnya, mengamankan rumah dari serbuan massa jika ada yang berunjuk rasa. (ase)

Posko logistik demo 4 November

Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo

Ada empat posko yang disiapkan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016