Ahok: Aneh, Bus Tak Bisa Masuk Terminal Rawamangun

Suasana arus Mudik H-2
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, enggan menyalahkan Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI terkait kesalahan konstruksi dalam pembangunan Terminal Bus Rawamangun.

Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan

Ahok, sapaan akrab Basuki, mengatakan, Dishubtrans DKI sebagai SKPD Pemprov DKI yang bertanggungjawab atas pembangunan terminal bus yang terletak di Jakarta Timur itu telah menyerahkan sepenuhnya seluruh aspek pembangunan terminal kepada konsultan pembangunan yang ditunjuk.

"Perancangan, pembangunan, pengawasan, semuanya ada di konsultan," ujar Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 25 Mei 2015.

Maka dari itulah, Ahok akan menggugat konsultan yang bersangkutan. Ahok mengaku belum mengetahui siapa konsultan yang ditunjuk oleh Dishubtrans.

Namun, yang jelas, konsultan tersebut tidak berkompeten karena tidak bisa memperhitungkan spesifikasi teknis bus Antar Kota - Antar Provinsi yang akan menggunakan terminal itu dengan rancangan konstruksi terminal.

Massa Demo dari Bekasi dan Tangerang Mulai Berdatangan

Akibatnya, bus-bus AKAP tidak bisa masuk ke kawasan terminal dan memilih untuk mengantre di luar kawasan terminal. Akibatnya, jalan kecil di depan Terminal Rawamangun menjadi semakin macet karena kendaraan-kendaraan yang melintasinya harus berbagi jalan dengan bus-bus yang terparkir.

"Konsultannya enggak kompeten. Masa kamu konsultan tentang bus, tapi kamu enggak ngerti berapa ukuran bus-bus gede sampai busnya enggak bisa masuk ke terminal. Ya itu alasannya kita harus gugat. Konsultannya udah nipu kita kalau begitu. Dishubtrans ya bangun semuanya berdasarkan usulan konsultan," kata Ahok.

Terminal bus Rawamangun memiliki luas area sebesar 11.957 meter persegi. Terminal itu direvitalisasi sejak bulan Agustus tahun 2014 dengan alokasi anggaran sebesar Rp45 miliar. Pada bulan Februari 2015, proses konstruksi fisik terhadap terminal itu selesai. (one)

Posko logistik demo 4 November

Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo

Ada empat posko yang disiapkan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016